PDIP Ungkap Puan Maharani Jadi Ketua DPR Lagi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Okt 2024, 16:29
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidato pengantar dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025 di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidato pengantar dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025 di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Ketua Badan Anggaran DPR RI periode 2019-2024, Said Abdullah, menyatakan bahwa paket nama-nama pimpinan DPR RI telah mencapai keputusan akhir.

Ia menyebutkan bahwa Puan Maharani akan kembali menjabat sebagai Ketua DPR RI untuk periode kedua. Said juga mengungkapkan nama-nama yang akan menduduki posisi Wakil Ketua DPR RI.

"Pimpinan DPR definitif yang akan dilantik pada pukul 19.00 WIB malam ini, insya-Allah, jika tidak ada perubahan, lima pimpinan tersebut adalah Mbak Puan Maharani sebagai Ketua DPR, Pak Dasco sebagai Wakil Ketua DPR, Pak Adies Kadir sebagai Wakil Ketua DPR, Bapak Saan Mustopa sebagai Wakil Ketua DPR, dan Bapak Riza dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR," ungkap Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2024.

Baca Juga: Ini Janji Ahmad Dhani Usai Dilantik Jadi Anggota DPR RI

Dia menjelaskan bahwa Partai Gerindra tetap menugaskan Sufmi Dasco Ahmad, yang juga merupakan Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Sementara itu, Partai Golkar menempatkan Adies Kadir, Partai NasDem menunjuk Saan Mustopa, dan dari PKB, mantan Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza, akan menjabat sebagai Wakil Ketua.

Di sisi lain, Ketua Komisi II DPR RI periode 2019-2024, Ahmad Doli Kurnia, mengungkapkan bahwa pengumuman Ketua DPR RI periode 2024-2029 dijadwalkan pada Selasa malam.

"Tadi sudah dibahas dan agendanya sudah disusun melalui sekretariat. Insya-Allah, nanti malam kita akan mengetahui siapa yang akan menjadi pimpinan DPR," ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Doli menjelaskan bahwa penentuan Ketua DPR didasarkan pada Undang-Undang MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3), di mana posisi Ketua DPR menjadi hak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2024.

Baca Juga: ‘Oneng’ Dilantik Lagi Jadi Anggota DPR: Fokus Penciptaan Lapangan Kerja

Ia juga menambahkan bahwa keputusan mengenai siapa yang akan menjadi Ketua DPR RI periode lima tahun mendatang sepenuhnya berada di tangan PDIP.

Berdasarkan UU MD3, partai yang meraih kursi terbanyak di DPR akan mengisi posisi pimpinan DPR. Pada Pemilu 2024, partai dengan kursi terbanyak adalah PDIP, diikuti oleh Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, dan Partai NasDem.

PDIP pun secara bulat mendukung Puan Maharani untuk kembali menjabat sebagai Ketua DPR RI periode 2024-2029.

x|close