Perayaan Hari Batik Nasional 2024 Usung Tema Bangga Berbatik

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Okt 2024, 12:26
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Pameran batik di Hari Batik Nasional 2024 Pameran batik di Hari Batik Nasional 2024 (Ntvnews.id/ Adiansyah)

Ntvnews.id, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2024, Kementerian Perindustrian (Kemeperin) bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI) menggelar perayaan hari ini, Rabu, 2 Oktober 2024 dengan mengusung tema 'Bangga Berbatik'.

Gelaran ini dilaksanakan di Grand Atrium, Mal Kota Kasablanka dan dihadiri langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang serta jajarannya.

Dalam sambutannya, Agus menghaturkan terima kasih dan apresiasi terhadap Yayasan Batik Indonesia yang telah konsisten melestarikan batik.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi dan setinggi-tingginya pada Yayasan Batik Indonesia yang telah konsisten dalam melestarikan batik," kata dia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang  <b>(Ntvnews.id/Adiansyah)</b> Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (Ntvnews.id/Adiansyah)

Sementara, ketua pelaksana Hari Batik Nasional 2024 sekaligus pengurus YBI, Febriana mengatakan jika gelaran tahun ini mengusung tema 'Bangga Berbatik'.

"Atas nama pengurus Yayasan Batik Indonesia, dan panitia pelaksana izinkan kami menyampaikan HBS ke-15 tahun 2024 dengan mengambil tema Bangga Berbatik," katanya.

Tak hanya itu, kata Febriana jika Hari Batik Nasional ini punya rangkaian acara cukup panjang.  

"Dalam acara HBN 2024 yang diselenggarakan dari 2 Oktober, kami mengadakan serangkaian acara, yaitu acara peresmian yaitu hari ini, dan terdapat juga acara harian selama berlangsungnya acara hari ini," katanya.

"Ada fashion show yang dilaksanakan sebanyak lima kali, kemudian ada talk show dengan tema menarik," sambung dia.

Selanjutnya, Febriana kembali mengatakan jika acara dari rangkaian tersebut cukup banyak yang salah satu di antaranya ada pameran batik dengan 44 but.

Sekedar informasi, batik telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya takbenda dari Indonesia oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009. 

Setiap tahun, Indonesia merayakan Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober sebagai bentuk penghargaan dan kebanggaan terhadap warisan budaya ini.

x|close