Jimmy Carter Mantan Presiden AS Rayakan Ulang Tahun 1 Abad

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Okt 2024, 14:23
Zaki Islami
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Jimmy Carter Mantan Presiden AS Rayakan Ulang Tahun 1 Abad Jimmy Carter Mantan Presiden AS Rayakan Ulang Tahun 1 Abad (Twiitter: PopBase)

Ntvnews.id, Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Jimmy Carter baru saja merayakan ulang tahun ke 100 dan menjadikan mantan Presiden AS pertama yang masih hidup di usia satu abad.

Ini menjadi pencapain baru bagi Jimmy Carter yang sebelumnya menjadikan Presiden AS pertama yang lahir di Rumah Sakit dan lulusan Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat yang menjabat sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat.

Baca Juga:

Viral Momen Anggota DPD RI Menguap hingga Tertidur Saat Sidang Paripurna Perdana

Shigeru Ishiba Terpilih Jadi Perdana Menteri Jepang Gantikan Fumio Kishida

Demokrat asal Georgia dan petani kacang ini juga merupakan presiden ketiga yang menerima Hadiah Nobel Perdamaian, yang dianugerahkan atas usahanya mengakhiri konflik internasional secara damai.

Jimmy Carter Mantan Presiden AS Rayakan Ulang Tahun 1 Abad <b>(ANTARA)</b> Jimmy Carter Mantan Presiden AS Rayakan Ulang Tahun 1 Abad (ANTARA)

Jimmy Carter tetap aktif hingga pertengahan usia 90-an, bekerja dengan organisasi perumahan 'Habitat for Humanity' dan LSM miliknya, Carter Center.

Ia sering terlihat di lokasi pembangunan rumah 'Habitat for Humanity' hingga tahun 2010-an, bersama para sukarelawan dan staf-staf-nya.

"Jimmy Carter adalah simbol kepemimpinan dan belas kasih, menginspirasi orang-orang di seluruh dunia," kata Carter Center dalam sebuah pernyataan, Rabu 2 Oktober 2024, dilansir Antara.

"Warisan Presiden Carter terus menginspirasi harapan dan kemajuan di seluruh dunia. Kehidupannya yang mencapai seabad adalah bukti kekuatan pelayanan, dan Carter Center menjadi pengingat abadi akan komitmennya terhadap perdamaian, kesehatan, dan hak asasi manusia," tambahnya.

Carter telah menghabiskan hampir dua tahun dalam perawatan paliatif untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Presiden AS Joe Biden, yang lebih muda 19 tahun dari Carter, memerintahkan pemasangan baliho di halaman utara Gedung Putih untuk merayakan pencapaian usia Carter.

Tampilan baliho tersebut akan dipajang sepanjang hari. Jimmy Carter lahir pada 1 Oktober 1924 di Plains, Georgia, dan tetap menjadi anggota aktif masyarakat hingga ia menjalani perawatan paliatif 20 bulan lalu. Istrinya, Rosalynn Carter, meninggal pada November 2023.

x|close