Agus Gumiwang Ngaku Pernah Ajukan Pakai Batik Tiap Acara DPR Tapi Ditolak

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Okt 2024, 14:35
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Agus Gumiwang Agus Gumiwang (Ntvnews.id/ Adiansyah)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, semasa ia menjabat Anggota DPR RI pernah mengusulkan supaya pakaian batik digunakan di tiap acara kenegaraan. 

Tetapi, usulannya tersebut tidak membuahkan hasil alias berujung dengan penolakan. Kata dia, kejadian pada 2009 yang saat itu parlemen dipimpin Marzuki Ali.

"Saya sebagai anggota DPR RI menulis surat kepada pimpinan DPR," kata Agus dalam acara Hari Batik Nasional (HBN) 2024 di Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2024.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang  <b>(Ntvnews.id/Adiansyah)</b> Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (Ntvnews.id/Adiansyah)

"Mengusulkan agar semua acara-acara kenegaraan DPR RI itu seluruh anggota menggunakan batik itu pernah saya usulkan pada tahun 2009, ditolak, tapi itu bagian dari perjuangan," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Agus memiliki cara tersendiri dilingkungan kementeriannya untuk melestatikan batik dengan cara, semua pegawai Kemenperin harus mengenakan batik selama empat hari dalam seminggu. 

Kata dia, ini langkah berbeda dengan sebelumnya, saat penggunaan batik hanya diwajibkan satu hari saja dalam seminggu.

"Sebelumnya batik hanya dipakai pada hari Jumat, saya mengubahnya, batik harus dipakai Senin, Selasa, Rabu, Kamis, 4 hari dalam seminggu," imbuh Agus.

x|close