Ustaz Khalid Basalamah Diduga Alumni UIPM, Kampus yang Berikan Gelar Kehormatan ke Raffi Ahmad

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Okt 2024, 14:45
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Khalid Basalamah Khalid Basalamah (Youtube: Khalid Basalamah)

Ntvnews.id, Jakarta - Ada perbincangan ramai di media sosial terkait gelar Doktor Honoris Causa (HC) yang diterima Raffi Ahmad dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand. Beberapa netizen mulai menelusuri kebenaran pemberian gelar tersebut.

Bukan tanpa alasan, mereka masih mempertanyakan kredibilitas sang artis untuk menerima gelar Doktor tersebut. Seorang netizen asal Indonesia yang tinggal di Thailand bahkan mencoba mencari lokasi kampus UIPM, yang ternyata hanya sebuah hotel di daerah Bangkok.

Seorang netizen lainnya juga kembali menelusuri lebih jauh tentang kampus yang menerapkan sistem pembelajaran 100 persen daring ini, dan menemukan bahwa Ustaz Khalid Basalamah juga tercatat sebagai salah satu alumni yang pernah mengenyam pendidikan di sana.

Raffi Ahmad Raffi Ahmad

"Prof. (HC) Dr. (HC) Khalid Basalamah dan Dr. (HC) Raffi Ahmad. Alumni UIPM, eh bisa disebut alumni bukan ya? Netijen juga lagi rame nyari kampus UIPM di Bangkok, Bekasi, hingga USA. Hasilnya bikin wow melongo. Melongo bukan karena kagum, tapi karena ga ketemu kampusnya," tulis akun X @narkosun, dikutip pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Berdasarkan daftar alumni kampus UIPM, tercatat Ustadz Khalid Basalamah menerima dua gelar sekaligus. Ia mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa in Sustainable Entrepreneurship and Social Innovation serta Profesor Honoris in Business Management and Leadership.

Kedua gelar tersebut dianugerahkan pada tahun 2023 dalam bidang studi yang sama, yaitu Islamic Social Development Business. Dalam kartu identitas profesornya yang dikeluarkan oleh kampus tersebut, nama lengkap Ustaz tertulis sebagai Prof. Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., MA, dengan nomor registrasi 2023-PR-6200331.

Ustaz Khalid Basalamah (YouTube) <b>(YouTube)</b> Ustaz Khalid Basalamah (YouTube) (YouTube)

Ia juga diberi tugas untuk mengajar sebagai dosen paruh waktu pada program studi Sarjana, Magister, Doktoral, dan Profesor di berbagai fakultas seperti Ekonomi, Pendidikan, Hukum, Teknologi Informasi, Multimedia, dan lainnya.

Jika melihat riwayat pendidikannya dari berbagai sumber, Ustadz Khalid Basalamah pernah menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Islam Madinah dengan jurusan Dakwah dan Ushuluddin pada tahun 1994.

Setelah itu, ia kembali ke Indonesia pada tahun 1998 untuk melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar. Ustaz Khalid kemudian melanjutkan pendidikannya hingga meraih gelar S3 di Universitas Tun Abdul Razak, Malaysia.

x|close