Profil Abcandra Muhammad Akbar, Putra Menkumham yang Jadi Pimpinan MPR

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Okt 2024, 20:56
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Abcandra Muhammad Akbar Supratman Abcandra Muhammad Akbar Supratman (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - Abcandra Muhammad Akbar Supratman, putra dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas, telah resmi ditunjuk sebagai pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024-2029.

Penunjukan ini berlangsung setelah Abcandra memperoleh suara dukungan terbanyak dalam rapat paripurna Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI yang digelar pada Rabu malam, 2 Oktober 2024.

Penasaran dengan sosoknya? Mari simak ulasan profil singkat Abcandra Muhammad Akbar di bawah yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Profil Abcandra Muhammad Akbar

Abcandra Muhammad Akbar Supratman <b>(ANTARA)</b> Abcandra Muhammad Akbar Supratman (ANTARA)

Abcandra Akbar Supratman lahir di Palu pada 1 Oktober 1998. Ia merupakan anak pertama dari Supratman Andi Agtas dan menyelesaikan pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 25 Palu dari tahun 2004 hingga 2010.

Setelah itu, Abcandra melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jubilee Junior High School di Jakarta pada periode 2011-2013. Ia kemudian menempuh pendidikan tinggi di Universitas Trisakti dan berhasil meraih gelar sarjana pada tahun 2022.

Dalam bidang organisasi, Abcandra aktif sebagai kader di Pengurus Cabang (PC) Tunas Indonesia Raya (Tidar) Jakarta Pusat antara tahun 2018 dan 2020, yang merupakan organisasi kepemudaan di bawah Partai Gerindra.

Ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Permuda Sulteng pada periode 2019-2021. Selain itu, Abcandra pernah mengisi posisi sebagai Sekretaris Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma).

Selanjutnya jadi Pemuda Pancasila di Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta serta di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DKI Jakarta dari tahun 2019 hingga 2024.

x|close