Total Kerugian Akibat Kebakaran Mal Ciputra ‘Citraland’ Capai Rp5,6 Miliar

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Okt 2024, 10:02
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Petugas damkar. (Antara) Petugas damkar. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Mal Ciputra Tanjung Duren di kawasan Petamburan, Jakarta Barat, terbakar pada Jumat dini hari, 4 Oktober 2024. Kebakaran diduga bermula dari salah satu restoran di lantai lima mal tersebut.

"Api menghanguskan salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Letjen S. Parman, RT.11/RW.1, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Berdasarkan informasi yang diterima, api berasal dari salah satu kafe yang terletak di lantai 5," tulis akun @humasjakfire di Instagram.

Setelah menerima laporan kebakaran, unit pemadam dan personel segera dikerahkan ke lokasi. Proses pemadaman dimulai pukul 01.00 WIB, dan api berhasil dikendalikan sekitar pukul 02.24 WIB. Pada pukul 03.05 WIB, tim pemadam memasuki tahap pendinginan untuk memastikan tidak ada api atau asap yang tersisa.

Mal Citraland <b>(Instagram Jakarta Terkini)</b> Mal Citraland (Instagram Jakarta Terkini)

Sebanyak 16 unit kendaraan pemadam dan 80 personel dikerahkan karena kobaran api meluas hingga ke lantai empat dan area food court di lantai enam.

"Kebakaran ini menyebabkan kerugian sekitar Rp5,6 miliar," ungkap Syarifudin, Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, dalam pernyataan tertulis.

Awal mula kebakaran diketahui oleh seorang petugas kebersihan yang mendengar suara percikan api dari salah satu restoran di lantai lima. Tak lama kemudian, api terlihat menyala di dalam area restoran.

Pemadam kebakaran <b>(Instagram @indramayuupdate)</b> Pemadam kebakaran (Instagram @indramayuupdate)

Saksi mata langsung melapor kepada sekuriti yang kemudian bersama-sama berusaha memadamkan api menggunakan alat pemadam ringan (APAR) dan hydrant. Namun, kobaran api semakin membesar, sehingga pihak keamanan mal memanggil pemadam kebakaran.

Tim pemadam tiba dengan 16 unit mobil dan 80 personel. Api baru berhasil dipadamkan sepenuhnya sekitar pukul 04.20 WIB, dan dugaan awal penyebab kebakaran adalah korsleting listrik.

x|close