Israel Keluarkan Rp6,9 T untuk Halau 200 Rudal Iran

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Okt 2024, 15:28
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi senjata rudal/ist Ilustrasi senjata rudal/ist

Ntvnews.id, Jakarta - Pada Selasa lalu, Iran melakukan serangan ke Israel dengan menembakkan 200 rudal balistik ke Tel Aviv dan 90 persen mengenai sasaran.

Melansir Reuters, Kamis 4 Oktober 2024, Israel mengungkapkan bahwa serangan rudal Iran mampu digagalkan oleh Iron Dome, meskipun ada beberapa bangunan di Israel yang kena akibat serangan tersebut.

Baca Juga:

Jokowi Digugat Rp 5.246 T oleh Habib Rizieq Dkk, Apa Kata Istana?

Tengku Dewi Putri: Tak Ada Barang Bukti Tapi Andrew Andika Positif Narkoba

Seperti diketahui, Israel kini menerapkan pertahanan udara cukup ketat seperti sistem anti rudal, Iron Dome dan lain-lain. Hal tersebut bertujuan untuk menangkal segala serangan yang dilancarkan ke Israel.

Korban Tewas Akibat Serangan Israel ke Gaza Palestina Terus Bertambah <b>(ANTARA)</b> Korban Tewas Akibat Serangan Israel ke Gaza Palestina Terus Bertambah (ANTARA)

Namun penggunaan alat tersebut pastinya membutuhkan biaya sangat besar. Hal ini terbukti ketika Israel mencoba menghalau serangan udara Iran pada Selasa 1 Oktober 2024 lalu.

Sekitar 180 rudal Arrow 2 dan Arrow digunakan untuk mencegah serangan Iran. Hak itu membuat Israel harus mengeluarkan dana sekitar 450 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp6,9 triliun.

Hasil tersebut didapatkan dari pendanaan Amerika Serikat. Selain bantuan dalam bentuk finansial, AS juga membantu dari segara perlengkapan perang sejak Israel melakukan agresi militer ke Jalur Gaza pada 7 Oktober tahun lalu.

x|close