Wapres Minta Faktor Penghambat Penurunan Stunting Segera Ditemukan

NTVNews - 25 Apr 2024, 21:07
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Wapres KH Ma'ruf Amin hadir memberikan arahan pada Rapat Kerja Nasional Bangga Kencana yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Auditorium BKKBN, Jakarta, Kamis(25/4/2024). (Foto: RN, BPMI-Setwapres) Wapres KH Ma'ruf Amin hadir memberikan arahan pada Rapat Kerja Nasional Bangga Kencana yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Auditorium BKKBN, Jakarta, Kamis(25/4/2024). (Foto: RN, BPMI-Setwapres)

NTVNews.id - Kendati telah ditetapkan menjadi prioritas utama agenda pembangunan nasional, upaya percepatan penurunan stunting masih mengalami perlambatan dalam dua tahun terakhir.

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meminta agar indikator yang menjadi penghambat percepatan penurunan prevelansi stunting ini segera di temukan.

"Saya minta faktor-faktor yang menyebabkan capaian penurunan stunting semakin melambat dalam dua tahun terakhir ini agar diidentifikasi dan dinavigasi," ujar Wapres.

Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan pada Rapat Kerja Nasional Bangga Kencana yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Auditorium BKKBN, Jakarta, Kamis(25/4/2024).

Dia menilai, hal ini menjadi sangat penting sebab stunting akan mempengaruhi daya saing bangsa yang bertumpu pada mutu sumber daya manusianya.

Untuk itu, Wapres meminta, pencegahan terjadinya stunting harus dilakukan sejak awal di tingkat keluarga, dengan memastikan pemenuhan gizi bagi setiap anggota rumah tangga, ASI eksklusif bagi bayi usia 0-6 bulan, akses sanitasi dan air minum yang aman, perilaku hidup bersih dan sehat, serta pengasuhan yang layak.

"Keluarga juga harus lebih proaktif untuk mendapatkan akses layanan kesehatan, seperti pemeriksaan ibu hamil secara rutin, imunisasi, dan pemantauan tumbuh kembang bagi anak-anak secara berkala," tambah Wapres.

Halaman
x|close