Ini Deretan Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Paling Kaya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Okt 2024, 07:59
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Gedung DPR Gedung DPR (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Sebanyak 580 anggota DPR RI periode 2024-2029 telah resmi dilantik pada Selasa, 1 Oktober 2024, di Gedung Nusantara Kura-Kura, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Beberapa anggota DPR yang baru dilantik menarik perhatian publik karena memiliki kekayaan hingga mencapai triliunan rupiah.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK, Rusdi Kirana, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), tercatat sebagai yang terkaya dengan total kekayaan sebesar Rp2,6 triliun. Rusdi Kirana dikenal sebagai pendiri maskapai penerbangan Lion Air.

Selain itu, ada Fathi, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, yang mewakili daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat I, termasuk Kota Bandung dan Cimahi.

Baca Juga: Dana Pensiun DPR Seumur Hidup Bakal Dibatalkan?

Dalam Pemilu 2024, Fathi memperoleh 131.385 suara, berhasil mengamankan satu kursi Partai Demokrat di dapil tersebut. Fathi adalah seorang pengusaha teknologi dan memiliki saham signifikan di PT Koka Indonesia, Tbk, dengan lebih dari 5 persen kepemilikan saham.

Pada Februari 2024, ia juga membeli 2,36 juta lembar saham perusahaan tersebut. Fathi juga memiliki saham di PT Techno9 Indonesia, meskipun jumlah saham yang dimilikinya tidak dipublikasikan.

Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, memiliki harta kekayaan sebesar Rp762,7 miliar. Sihar adalah pengusaha sukses dari Sumatra Utara dan pendiri beberapa klub sepak bola, termasuk Chiefs Deli Serdang, Pro Titan, dan Nu-saina Fans Club. Ia juga pernah memimpin klub PSMS Medan.

Baca Juga: Ini Alasan Anggota DPR Tak Lagi Dapat Rumah Dinas

Titiek Soeharto, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, memiliki kekayaan sebesar Rp709,4 miliar. Titiek, yang merupakan mantan istri Prabowo Subianto, memiliki bisnis di berbagai sektor, termasuk keuangan, investasi, transportasi, listrik, kimia, dan kuliner.

Kaisar Kiasa Kasih Said Putra, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, memiliki kekayaan sebesar Rp621,6 miliar. Kaisar adalah putra dari Said Abdullah, mantan Ketua Badan Anggaran DPR RI periode 2019-2024, yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Perekonomian dan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

x|close