Viral Video Jokowi Tak Salami Try Sutrisno, Istana Buka Suara

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Okt 2024, 16:21
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Momen Presiden Joko Widodo dan mantan Wakil Presiden, Try Sutrisno, di Perayaan HUT ke-79 TNI. Momen Presiden Joko Widodo dan mantan Wakil Presiden, Try Sutrisno, di Perayaan HUT ke-79 TNI. (Tangkapan layar X)

Ntvnews.id, Jakarta - Viral di media sosial video dengan narasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menyalami Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno. Momen itu berlangsung saat perayaan HUT TNI ke-79 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Istana memberikan penjelasan.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, Presiden Jokowi sudah bersalaman dengan Try Sutrisno sebelumnya. Keduanya bersalaman saat bertemu di ruang tunggu VVIP, sebelum acara dimulai.

"Iya Bapak Presiden sudah salaman dan menyapa Wakil Presiden ke-6 Bapak Try Sutrisno beserta Ibu di-holding VVIP room," ujar Yusuf, Senin (7/10/2024).

Menurut Yusuf, Jokowi belum sempat bertemu dengan Jusuf Kalla hingga Boediono di ruang tunggu dan baru bertemu saat acara. Karenanya, Jokowi menyalami mereka begitu bertemu.

"Bapak Presiden sangat menghormati semua elemen masyarakat, apalagi dengan para tokoh pemimpin bangsa," jelas Yusuf.

Sebelumnya, dalam video yang viral itu Jokowi terlihat menyalami Wapres ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK), serta Wapres ke-11 Boediono yang duduk di kursi barisan depan.

Usai menyalami Boediono, Jokowi ke arah istri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah, yang juga duduk di barisan depan. Try Sutrisno, yang juga berada di barisan depan, terlihat sempat berdiri saat Jokowi melintasinya. Namun Try Sutrisno akhirnya tak disalami, baik sebelum ataupun sesudah Jokowi menyalami Sinta.

x|close