OTT KPK di Kalsel: 4 Penyelenggara Negara dan 2 Swasta Ditangkap

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Okt 2024, 19:15
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tessa Mahardhika Sugiarto Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tessa Mahardhika Sugiarto (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (6/10/2024). Sebanyak enam orang diamankan dalam OTT ini. Mereka terdiri dari penyelenggara negara dan pihak swasta.

"Jumlah ASN dan swasta untuk pihak swastanya ada dua orang dan penyelenggara negaranya empat orang," ujar juru bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2024).

KPK belum mengungkapkan identitas orang-orang yang diamankan hasil OTT di Kalsel. Namun, kata Tessa empat orang yang ditangkap saat ini masih dalam perjalanan menuju kantor KPK.

"Sampai dengan saat ini sudah ada dua orang yang diamankan oleh KPK. Satu orang berprofesi sebagai swasta dan satunya berprofesi sebagai penyelenggara negara. Empat orang lainnya masih dalam perjalanan menuju gedung Merah Putih KPK dan nantinya akan dilakukan proses pemeriksaan," papar Tessa.

Sementara, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan enam orang yang ditangkap itu terdiri dari pihak pemberi dan penerima suap.

"Iya kita mengamankan sekitar enam orang dari pihak pemberi dan penerima dengan sejumlah uang," ujar Ghufron.

Ia mengungkapkan, ada lebih dari Rp10 miliar uang yang disita KPK dalam OTT. Ghufron juga menjelaskan dugaan korupsi itu terkait hal apa.

"Kita mengamankan lebih dari Rp10 miliar karena masih dalam proses dihitung. Diduga suap dalam PBJ (pengadaan barang dan jasa)," tandasnya.

x|close