Jokowi Perintahkan ASN Pindah ke IKN Januari 2025

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Okt 2024, 12:05
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam Gebyar Pelayanan Prima di Jakarta, Selasa (8/10/2024). Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam Gebyar Pelayanan Prima di Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan agar aparatur sipil negara (ASN) pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) pada bulan Januari 2025.

"Semalam saya dapat perintah dari Bapak Presiden melalui Pak Pratikno dapat perintah pada bulan Januari ASN pindah ke IKN," ujarnya dikutip dari Antara.

Baca Juga:

Hakim Cuti Massal Tuntut Naik Gaji, Jokowi: Semuanya Masih Dalam Kajian

Saat Masha, Hulk, hingga Pocong Ngibrit Dikejar Satpol PP di Bandung

Sebelumnya, pemindahan ASN direncanakan dilakukan pada bulan September 2024. Namun, hingga awal bulan Oktober, pemindahan tersebut belum terlaksana.

Prabowo Subianto menghadiri sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8) dan dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). <b>(Dok.Istimewa)</b> Prabowo Subianto menghadiri sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8) dan dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). (Dok.Istimewa)

Anas menjelaskan bahwa arahan dari presiden menginginkan agar semua ekosistem yang diperlukan di IKN dibereskan terlebih dahulu.

"Tadinya September ke Oktober, arahan presiden bukan soal apa tadi Pak Menteri PUPR yang juga Kepala OIKN tadi sampaikan sudah selesai. Akan tetapi, diminta ekosistemnya dibereskan," ujarnya.

Untuk itu, Anas mengatakan bahwa pihaknya akan segera menyiapkan skema pemberangkatan ASN ke IKN hingga insentifnya.

"Kami ini mau selesai, tetapi tugasnya tambah terus di ujung-ujung ini berarti lembur lagi Pak Aba nanti malam. Tadi malam kami sudah lembur juga dengan teman-teman semuanya," jelas Anas.

x|close