Jelang Lengser, Jokowi Mulai Kemasi Barang-barang Pribadi dari Istana ke Solo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Okt 2024, 09:20
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi. Presiden Jokowi.

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai mengemas barang-barang pribadinya di Istana Kepresidenan jelang purnatugas 20 Oktober 2024 mendatang.

Pratikno menjelaskan sebagian barang-barang pribadi Presiden Jokowi sudah dikemas untuk dipindahkan ke kediaman pribadi di Solo, Jawa Tengah.

"Sudah mulai packing. Pening kepala katanya," ucap Pratikno dikutip, Rabu (9/10/2024).

Mengenai barang pribadi apa saja yang dikemas Jokowi, Pratikno menyebut barang itu ada yang berupa koleksi buku, foto, hingga batik yang dipakai Jokowi untuk bekerja.

Baca juga: Soal Desus Jokowi Tolak PDIP Gabung Kabinet Prabowo, Ini Respons Gerindra

Pratikno juga sempat berkelakar mengenai ketertarikannya untuk memiliki salah satu batik dari koleksi Jokowi.

"Saya saja minta ke Pak Presiden, koleksi batiknya bagus-bagus. Saya lihat di setiap acara, batiknya Pak Presiden itu kan relatif sering ganti ya, saya juga berminat, saya minta satu pak," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa ia akan langsung pulang ke Solo, Jawa Tengah usai tak lagi jadi kepala negara.

Jokowi akan pulang ke kampung halamannya setelah pelantikan presiden dan wakil presiden baru, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Istana Buka Suara soal Kabar Jokowi Tak Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," ujar Jokowi.

Jokowi tak menjelaskan kegiatan yang akan dilakukannya usai pelantikan presiden. Ia pun berkelakar akan tidur terlebih dahulu.

"Pulang ke Solo dulu, tidur," ucapnya.

x|close