Sejarah Hari Kesehatan Mental Dunia, Diperingati Tiap 10 Oktober

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Okt 2024, 10:28
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Kesehatan Mental Kesehatan Mental (Freepik/ rawpixel.com)

Ntvnews.id, Jakarta - Hari Kesehatan Mental Dunia yang diperingati setiap tahun pada 10 Oktober, merupakan momen penting untuk meningkatkan kesadaran tentang isu kesehatan mental di seluruh dunia.

Tanggal ini diperingati untuk menyoroti pentingnya kesehatan mental dan mendorong masyarakat untuk berbicara tentang tantangan yang dihadapi oleh individu dengan gangguan mental.

Penasaran dengan sejarah dari peringatan ini? Mari simak ulasannya di bawah yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Sejarah Hari Kesehatan Mental Dunia

Kesehatan Mental <b>(Freepik/ rawpixel.com)</b> Kesehatan Mental (Freepik/ rawpixel.com)

Hari Kesehatan Mental pertama kali dirayakan pada tahun 1992, sebagai hasil dari inisiatif yang diusulkan oleh World Federation for Mental Health (WFMH), yang dipimpin oleh Wakil Sekretaris Jenderal Richard Hunter.

Sejak pelaksanaannya, tujuan utama peringatan ini adalah untuk menggalang suara dan kerjasama demi menciptakan perubahan positif dalam sistem perawatan kesehatan jiwa di seluruh dunia.

Tema-tema penting mulai diperkenalkan pada tahun 1994, dengan tema pertama yang diangkat adalah “Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Jiwa di Seluruh Dunia.”

Sejak itu, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia telah menjadi platform strategis bagi pemerintah, organisasi, dan individu untuk merancang program-program yang berfokus pada peningkatan perawatan kesehatan mental.

Demikian, sejarah singkat dari Hari Kesehatan Mental Dunia yang kerap diperingati pada 10 Oktober tiap tahunnya.

x|close