Nomenklatur Kementerian Kabinet Pemerintahan Prabowo Bakal Diketahui Besok

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Okt 2024, 16:01
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Sufmi Dasco Ahmad Sufmi Dasco Ahmad (NTVnews.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan bahwa beberapa nomenklatur kementerian untuk kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan diumumkan pada Jumat, 11  Oktober 20204.

Menurut Dasco, hal itu karena pada hari Jumat tersebut finalisasi komposisi alat kelengkapan dewan (AKD) atau komisi-komisi di DPR RI akan rampung. Namun, komposisi AKD baru akan diumumkan secara resmi pada 14 Oktober 2024.

"Mungkin sebagian nomenklatur kementerian sudah, sebagian belum," ujar Sufmi Dasco Ahmad di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2024.

Baca Juga: Viral Momen Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Kehilangan Palu Sidang Saat Lakukan Audiensi

Dasco menjelaskan bahwa nama-nama terkait dengan komposisi maupun pimpinan komisi akan berasal dari fraksi-fraksi partai politik di DPR RI, dan ia masih menunggu keputusan tersebut sebagai pimpinan DPR RI.

Selain itu, Dasco belum bisa memastikan kabar yang beredar bahwa anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI akan menjadi Ketua Komisi III DPR RI.

"Saya enggak tahu karena itu 'kan akan keluar dari fraksi," terangnya.

Baca Juga: Pimpinan DPR RI 2024-2029: Puan Jadi Ketua, Dasco, Adies, Saan, dan Cucun Wakil Ketua

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal, mengatakan bahwa DPR RI telah sepakat untuk menambah alat kelengkapan dewan (AKD) guna menyesuaikan dengan pos-pos kementerian dalam pemerintahan mendatang, sehingga jumlah komisi akan menjadi 13 dan ada badan baru yang akan dibentuk.

DPR RI berencana mengumumkan jumlah komisi dan badan pada 14 Oktober sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024.

 

x|close