Ditanya Soal PKB Masuk ke Dalam Kabinet, Prabowo Jawab Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Okt 2024, 22:13
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Prabowo Subianto Prabowo Subianto (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto merespons pertanyaan mengenai kemungkinan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masuk ke dalam kabinetnya. Prabowo menyarankan agar pertanyaan tersebut diajukan langsung kepada PKB.

"Tanya aja PKB," kata Prabowo di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2024, merespons pertanyaan apakah PKB akan masuk ke kabinetnya atau tidak.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyatakan bahwa keputusan terkait susunan kabinet merupakan hak prerogatif Prabowo. Meski demikian, Jazilul menegaskan bahwa PKB siap mendukung Prabowo.

Baca JugaPrabowo Diteriaki Presiden Kita di Rakornas Legislator PKB

"Kan prerogatif presiden (soal kabinet). Yang jelas kehadiran Pak Prabowo hari ini, bukan untuk membahas kabinet, melainkan menyatakan dengan tegas ingin membangun Indonesia bersama PKB," ungkap Jazilul.

"Dan sejak awal Pak Prabowo sudah menyatakan, meskipun PKB sempat berbeda pandangan, kini kita kembali bersama. Sekarang tinggal bagaimana Pak Prabowo menentukan peran PKB, ikut," lanjutnya.

Jazilul menegaskan bahwa PKB tidak bisa meminta posisi tertentu dalam kabinet. Menurutnya, urusan jabatan menteri adalah masalah teknis yang sepenuhnya berada di tangan Prabowo.

"Yang jelas sekarang PKB diterima oleh Pak Prabowo sebagai bagian dari pemerintahan ke depan. Soal posisi menteri, itu teknis, prerogatif Prabowo," ujarnya.

Baca Juga: Nomenklatur Kementerian Kabinet Pemerintahan Prabowo Bakal Diketahui Besok

Lebih lanjut, ketika ditanya apakah PKB sudah mengajukan nama-nama calon menteri, Jazilul mengatakan bahwa dia tidak mengetahui. Menurutnya, yang terpenting adalah PKB mendukung Prabowo.

"Ya saya tidak tahu ya nama-nama dikirim lewat apa, karena itu bukan tugas PKB. PKB berada di belakang Pak Prabowo untuk mengawal semua kebijakan," tambahnya.

 

x|close