Demo Depan Kampus UNJ, Mahasiswa Minta Rektor Pecat Ubedillah Badrun

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 09:11
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Mahasiswa UNJ demo Mahasiswa UNJ demo (Dokumentasi)

Ntvnews.id, Jakarta - Ratusan mahasiswa tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus melanjutkan aksi demonya di depan Gerbang Utama UNJ Jalan Prof. Dr. Conny R. Semiawan Jakarta Timur, Kamis (10/10/2024).

Kali ini mereka meminta kepada Rektor UNJ agar segera memecat oknum Dosen, Ubedillah Badrun yang telah membuat Kongres Mahasiswa dan Pemuda Indonesia (KMPI) guna merencanakan aksi melawan Pemerintah.

"Kami juga sudah melakukan aksi di KEMENDIKNAS RI agar segera dilakukan evaluasi terhadap aktivitas yang dilakukan oleh Ubedilah Badrun karena telah melakukan pencatutan logo UNJ dan Kemendiknas demi kepentingan pribadi dan kelompoknya," tegas Koordinator aksi Ismail.

Sebelumnya, massa aksi yang terdiri dari beberapa kampus diantaranya Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam As-Syafiyah Kota Bekasi, Universitas Nusa Mandiri, STAI Al Aqidah Jakarta Timur, Universitas Jayabaya dan Universitas Ibnu Chaldun itu juga berunjuk rasa didepan Kemendikbud RI, Tanah Abang Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2024).

Mereka mendesak Kemendikbud RI untuk mengevaluasi Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) atas kelalaian dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Kami juga mendesak Kemendikbud RI memberikan sanksi pemecatan terhadap oknum Dosen (Ubedillah Badrun.,M.Si) atas pencatutan nama kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam penyelenggaraan Kongres Mahasiswa dan Pemuda Indonesia (KMPI)," tegas Koordinator Aksi Ismail.

Ismail pun menyayangkan sikap Ubedillah Badrun yang memfasilitasi membuat Kongres besar-besaran dan memprovokasi mahasiswa untuk melakukan aksi unjuk rasa menentang Pemerintah.

"Aksi pada hari ini kami menyampaikan untuk Kemendikbud agar mencopot seorang oknum Dosen Ubaidilah yang melanggar kode etik dalam perdaulatan kampus dan mahasiswa yang dimana tindakan tersebut sudah mencoreng nama baik mahasiswa dan beberapa kampus," tuturnya.

Menurutnya, aksi ini dilaksanakan atas dasar melihat situasi dan kondisi yang terjadi beberapa waktu yang lalu, bahwa adanya sebuah gerakan konsolidasi mahasiswa yang mengatasnamakan gerakan mahasiswa dengan kepentingan pribadi atau segelintir orang.

"Melihat kondisi tersebut, kami menyatakan sikap bahwa kegiatan tersebut bukan gerakan murni dari mahasiswa. Dan aksi ini adalah sebagai sebuah bentuk penolakan terhadap gerakan yang tidak pro terhadap kepentingan mahasiswa," tukasnya.

Disela-sela aksinya, perwakilan massa diterima oleh pihak Kemendikbud RI dan membawa beberapa alat peraga berupa spanduk yang bertuliskann "#Jaga independencia dan marwah kampus, #Pecat Ubaidillah badrun atas pencatutan nama UNJ dan Kemendikbudristek".

Selain itu, sebagai wujud kekecewaan mereka juga melakukan pembakaran ban bekas didepan Kemendikbud.

x|close