Waka DPR Soal Alat Kelengkapan Dewan: Insya Allah Selasa

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 13:44
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Wakil Ketuda DPR Adies Kadir Wakil Ketuda DPR Adies Kadir (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Adies Kadir, menyampaikan bahwa alat kelengkapan dewan (AKD) yang terdiri dari komisi-komisi dan badan-badan di DPR RI akan dibentuk dalam rapat paripurna pada Selasa, 15 Oktober 2024 mendatang.

"Mudah-mudahan ini kalau di sana finalisasi, insyaallah Selasa sudah bisa," ujar Adies di kompleks parlemen, Jakarta.

Namun, ia belum merinci jumlah AKD atau komisi yang akan terbentuk di DPR, karena masih menunggu finalisasi terkait nomenklatur kementerian dalam pemerintahan Prabowo Subianto yang akan datang.

Baca Juga: 1.758 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Aksi Massa di Depan Gedung DPR

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan bahwa pengumuman AKD atau komisi-komisi di DPR akan dilakukan pada hari Senin, 14 Oktober 2024.

Pada pekan ini, Dasco mengatakan bahwa finalisasi terkait jumlah AKD tersebut masih dalam proses.

"Mudah-mudahan pada hari Kamis atau ini hari apa? Besok sudah selesai," ucapnya.

Dasco juga menyebut bahwa sebagian nomenklatur kementerian akan diketahui setelah finalisasi AKD atau komisi-komisi di DPR selesai. Jumlah AKD di DPR akan disesuaikan dengan nomenklatur kementerian dalam pemerintahan yang akan datang.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR Sebut Bakal Ada 13 Komisi dan Penambahan Badan

Sebelumnya, pimpinan DPR RI telah menyepakati penambahan AKD untuk menyesuaikan dengan pos-pos kementerian pemerintahan mendatang, menjadi 13 komisi serta pembentukan badan baru.

Pembentukan AKD baru di DPR RI ini bertujuan agar kinerja dewan menjadi lebih efektif, terkait rencana penambahan pos kementerian dalam pemerintahan yang akan datang.

DPR RI berencana mengumumkan jumlah komisi dan badan di DPR pada 14 Oktober, sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024.

x|close