Bantah Cawe-cawe Kabinet Prabowo, Jokowi: Kalau Ditanya Ya Saya Jawab

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 15:05
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto makan malam berdua. (Instagram) Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto makan malam berdua. (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah cawe-cawe dalam penyusunan kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Sebab, Jokowi sendiri enggan diintervensi dalam hal yang sama. 

"Saya ikut-ikut intervensi? Ndak, saya pun juga tidak mau diintervensi untuk urusan hak prerogatif. Jadi sama, saya tidak ingin ikut-ikutan," ujar Jokowi dalam acara Kompas 100 CEO Forum di IKN seperti ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (11/10/2024).

Walau demikian, Jokowi menyatakan dirinya akan menyampaikan pandangannya terkait kabinet Prabowo-Gibran, apabila diminta. Namun jika tidak, ia akan diam saja. 

"Tapi, kalau ditanya, ya saya jawab. Kalau ditanya, kalau nggak ditanya, ya saya nggak akan jawab," kata Jokowi.

Ia pun meminta masyarakat untuk menunggu susunan kabinet pemerintahan mendatang. Terkait nama-nama yang akan menjadi menteri, Jokowi menyarankan agar wartawan bertanya kepada Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani, bukan kepadanya.

"Nanti ditunggu saja di hari Senin, seminggu lagi, menteri-menterinya yang dilantik," ucapnya.

"Kalau mau tahu menteri-menterinya siapa, tanya ke Ahmad Muzani. Jangan tanya ke saya yang berkaitan dengan itu, karena orang akan langsung negativisme lagi," imbuh mantan Wali Kota Surakarta.

Diketahui, pengumuman nama-nama menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran akan dilakukan pada 20 Oktober 2024 mendatang. Pengumuman dilakukan usai pelantikan presiden dan wakil presiden.

x|close