Gerindra Sebut Calon Menteri Bakal Fit and Propert Test Sebelum Bertemu Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 15:30
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Sufmi Dasco Ahmad Sufmi Dasco Ahmad (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengungkapkan bahwa calon menteri di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto akan menjalani beberapa proses seleksi oleh tim.

Salah satu proses yang disebut adalah uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebelum bertemu langsung dengan Prabowo.

"Ya, yang pertama tentunya diminta biodata, kemudian profiling, lalu finalisasi nanti akan ada semacam fit and proper," ujar Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2024.

Baca Juga: Kabinet Prabowo Ada 46 Kementerian, Dasco Gerindra Sebut Sesuai Janji Kampanye

Dasco menjelaskan bahwa proses awal seleksi akan dilakukan oleh tim dari presiden terpilih. Setelah itu, calon menteri akan melalui tahap finalisasi dengan Prabowo secara langsung.

"Walaupun sudah dilakukan oleh tim, tapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka untuk kemudian dalam tahap finalisasi," katanya.

Sebelumnya, Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani, menyebutkan bahwa Prabowo Subianto telah mulai memanggil calon-calon menteri seiring dengan penyusunan kabinet pemerintahan mendatang. Muzani juga menyebut bahwa di antara calon-calon tersebut ada menteri dari era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Orang dan nomenklatur sudah mulai disusun dan bahkan sudah mulai ada yang dipanggil. Tapi nggak termasuk saya ya," kata Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen.

x|close