5 Negara Arab yang Disebut-sebut Bisa Tekuk Militer Israel

NTVNews - 19 Mei 2024, 08:32
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Bendera Israel/ist Bendera Israel/ist

Ntvnews.id, Jakarta - Perseteruan antara Israel dan negara-negara Arab selalu menggantung di udara, siap pecah kapan saja. Dengan sejarah panjang dan rumit di antara mereka, potensi konflik senantiasa hadir.

Ketegangan dan pertikaian yang berlangsung lama antara Israel dan Palestina telah menyebabkan gesekan dan pertentangan dengan negara-negara Arab lainnya.

Yang terbaru, konflik Israel-Hamas sejak akhir tahun 2023 telah mengubah lanskap politik di Timur Tengah dan menghentikan proses normalisasi antara Israel dan beberapa negara Arab.

Aksi genosida Israel di Gaza pun semakin menyeret negara-negara lain terlibat konflik dengan rezim kolonial Zionis. Berikut adalah beberapa negara Arab yang memiliki kekuatan militer yang signifikan dan berpotensi menghadapi militer Israel:

Israel Gempur Rafah Palestina <b>(Istimewas)</b> Israel Gempur Rafah Palestina (Istimewas)

Iran

Iran punya kekuatan militer yang besar dan berada di peringkat 13 dari 145 negara dalam tinjauan tahunan Global Firepower dengan skor Power Index sebesar 0.22691. Iran memiliki beberapa kemampuan militer yang penting dalam konflik dengan Israel.

Baca Juga:

5 Negara Pemasok Senjata ke Israel yang Semakin Menggila di Rafah Palestina 

Halaman
x|close