Polri Akan Kasih Medali Kehormatan buat Presiden Jokowi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Okt 2024, 06:00
Moh. Rizky
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Jokowi Jokowi (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Polri akan memberikan medali kehormatan Loka Praja Samrakshana kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) esok. Medali itu diberikan kepada sosok yang dinilai telah memberikan perlindungan terhadap rakyat dan publik.

Selain itu, Jokowi juga akan diangkat menjadi warga kehormatan Brimob.

Penganugerahan medali kehormatan itu akan dilakukan bertepatan dengan apel kesiapan pengamanan pengambilan sumpah presiden dan wakil presiden di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Senin (14/10/2024).

Penganugerahan medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik bagi Jokowi, dilakukan atas dasar Keputusan Kapolri Nomor Kep/1723/X/2024 tentang Tanhor Keamanan dan Keselamatan Publik. Sementara penganugerahan gelar warga kehormatan Brimob dilakukan berdasarkan Keputusan Dankorbrimob Nomor Kep/114/IX/2019 tentang tradisi Brimob.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga akan memberi tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja (satker) Polri dalam apel yang digelar besok.

Tanda kehormatan Nugraha Sakanti merupakan penghargaan bagi kesatuan di lingkungan Polri yang telah berjasa dan bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara.

Adapun tujuh satker yang akan menerima tanda kehormatan Nugraha Sakanti 2024, ialah Korbrimob Polri, Baharkam Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri, Bareskrim Polri, Pusdokkes Polri dan Divisi Hubungan Internasional Polri.

Apel pengamanan yang digelar besok itu akan diikuti 8.179 personel yang terdiri dari pasukan apel, pasukan cadangan hingga personel pendukung. Di samping itu, ada 367 tamu yang akan hadir mulai para pejabat utama Polri dan keluarga, sembilan menteri, para mantan Kapolri serta perwakilan dari TNI.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengecek gladi bersih apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Mantap Brata pengamanan tahap pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Gladi bersih gelar pasukan diikuti 15 ribu personel.

"Ya, Pak Kapolri ngecek kesiapan Apel Pam (pengamanan) Pengambilan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden," ujar Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo, Sabtu (12/10/2024).

x|close