Profil Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gak Ketinggalan Jadi Calon Menteri di Kabinet Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Okt 2024, 18:13
Tasya Paramitha
Penulis & Editor
Bagikan
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa sejak 2005, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin baru saja dipanggil ke kediaman rumah Presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin sore, 14 Oktober 2024.

Ia menjadi salah astu tokoh yang dipanggil untuk menjadi calon menteri di Kabinet Prabowo.

Berikut profil lengkapnya.

Profil Muhaimin Iskandar

Dr. Drs. H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si, atau lebih dikenal sebagai Cak Imin atau Gus Imin, adalah seorang politikus Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia sejak 2019, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa sejak 2005.

Ia diketahui juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia pada 1999 hingga 2009, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia pada 2009 hingga 2014, dan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia pada 2018 hingga 2019.

Cak Imin juga mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden dalam pemilihan umum Presiden Indonesia 2024, sebagai pasangan Anies Baswedan. Kiprahnya di parlemen dimulai ketika menyertai Pemilu 1999 yang membawanya menduduki kursi legislatif mewakili Sidoarjo.

Pria yang lahir di Jombang ini menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI). Ia masuk ke dunia politik pada masa kejatuhan presiden Suharto pada akhir 1990-an.

Cak Imin terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada tahun 1999, sebagai anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia dekat dengan presiden dan pendiri PKB Abdurrahman Wahid, dan terpilih sebagai ketua PKB pada tahun 2005.

Setelah bekerja di beberapa organisasi, karier pemerintahannya dimulai ketika ia terpilih dan menjadi wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada tahun 1999 hingga 2009.

Ia lantas menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi antara tahun 2009 hingga 2014, di bawah Susilo Bambang Yudhoyono. Ia sudah lima kali terpilih menjadi anggota DPR, meski baru menjabat empat periode penuh.

Biodata

Kelahiran: 24 September 1966 (usia 58 tahun), Kabupaten Jombang

Anak: Egalita Az Zahra, Rahma Arifa, Mega Safira

Partai: Partai Kebangkitan Bangsa

Jabatan sebelumnya: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (2014–2024), 

Pasangan: Rustini Murtadho (m. 1995)

Saudara kandung: Abdul Halim Iskandar

Orang tua: Muhammad Iskandar, Muhasonah Iskandar

x|close