Profil Rosan Roeslani, Menteri Investasi/Kepala BKPM yang Jadi Calon Menteri Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Okt 2024, 09:41
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Investasi sekaligus Kepala BKPM, Rosan Roeslani turut hadir dalam undangan presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada hari Senin, 14 Oktober 2024.

Dalam pertemuannya dengan Prabowo, Roeslani menyatakan bahwa ia diminta untuk memberikan dukungan kepada pemerintahan Prabowo-Gibran yang akan datang, terutama dalam sektor ekonomi.

Bagaimaan selengkapnya mengenai sosok Rosan Roeslani ini? Mari simak profil singkatnya di bawah yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Profil Rosan Roeslani

Rosan Roeslani <b>(Istimewa)</b> Rosan Roeslani (Istimewa)

Rosan Roeslani lahir di Jakarta pada 31 Desember 1968, adalah seorang pengusaha Indonesia yang memulai karier di sektor keuangan dan bisnis dengan mendirikan Recapital Advisors, sebuah perusahaan investasi, pada tahun 1997.

Kemudian pada tahun 2021, ia tercatat sebagai orang terkaya ke-87 di Indonesia menurut Forbes tahun 2021 dengan kekayaan mencapai USD 450 juta.

Di awal karier bisnisnya, Rosan mengisi beberapa posisi penting, termasuk sebagai Penasihat Keuangan untuk Asosiasi Koperasi Batik Indonesia antara 1997 dan 2002, serta sebagai Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia dari 2005 hingga 2008.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani (Ntvnews.id-Muslimin Trisyuliono). Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani (Ntvnews.id-Muslimin Trisyuliono).

Ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia pada periode 2015-2021. Selama menjabat sebagai Ketum Kadin, Rosan aktif dalam mendukung pemerintah, termasuk menjadi Ketua Satuan Tugas Omnibus Law.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Badan Penasihat Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dari tahun 2019 hingga 2021.

Rosan Roeslani pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Satgas Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) pada tahun 2020-2021, serta sebagai Wakil Ketua Courtesy Board Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia.

x|close