Profil M Herindra, Wamenhan yang Dipanggil Prabowo ke Kertanegara

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Okt 2024, 10:06
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Panglima TNI Agus Subiyanto dan Wamenhan Panglima TNI Agus Subiyanto dan Wamenhan (Deddy Setiawan/ NTVnews.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra dipanggil presiden terpilih, Prabowo Subianto ke kediamannya yang terletak di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin, 14 Oktober 2024.

Dalam pertemuannya dengan Prabowo, Herindra menyatakan bahwa ia diminta untuk memberikan dukungan kepada pemerintahan Prabowo-Gibran yang akan datang.

Penasaran dengan sosoknya? Mari simak profil singkat M Herindra di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Profil M Herindra

Wamenhan M. Herindra Tetapkan 1.145 Anggota Komcad Matra Darat TA. 2024 <b>(Istimewa)</b> Wamenhan M. Herindra Tetapkan 1.145 Anggota Komcad Matra Darat TA. 2024 (Istimewa)

M Herindra dilahirkan di Magelang, Jawa Tengah, pada 30 November 1964. Ia memulai kariernya di Akademi Militer (Akmil) bersama dengan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

Herindra berhasil meraih predikat lulusan terbaik dari Akmil angkatan 1987 dan meraih Adhi Makayasa Tri Sakti Wiratama, merupakan lulusan terbaik di angkatannya kala itu.

Selanjutnya, menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan RI sejak 23 Desember 2020 hingga saat ini.

Sebelumnya, pada 21 Oktober 2020, ia dipercaya sebagai Kepala Staf Umum TNI. Jabatan ini diembannya setelah menjabat sebagai Inspektur Jenderal TNI dari tahun 2018 hingga 2020.

Karier militernya dimulai sebagai komandan peleton, kemudian meningkat menjadi Komandan Resimen Sandiyudha, hingga bergabung dengan Komando Pasukan Khusus.

Sejak tahun 2015 hingga 2016, ia diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus. Sebelum itu, pada tahun 2015, ia menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) Siliwangi.

Setelah menjabat sebagai Danjen Kopassus, ia menjadi Panglima Kodam Siliwangi pada periode 2016-2017.

x|close