Profil Kartika Wirjoatmodjo yang Sambangi Kediaman Prabowo Subianto

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Okt 2024, 18:29
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo

Ntvnews.id, Jakarta - Kartika Wirjoatmodjo, seorang profesional yang telah mengukir nama di dunia keuangan dan pemerintahan, baru-baru ini terlihat menyambangi kediaman Prabowo Subianto di Jakarta Selatan.

Kunjungan ini merupakan bagian dari proses pemanggilan calon menteri dan wakil menteri untuk kabinet pemerintahan Prabowo yang akan datang.

Baca Juga:

Profil Budiman Sudjatmiko, Calon Menteri yang Dipanggil Prabowo

Arrmanatha Nasir Sambangi Kediaman Prabowo, Bahas Situasi Global

Meskipun jabatan spesifik yang akan diemban Kartika di kabinet baru ini masih menjadi tanda tanya, kehadirannya sudah menarik perhatian publik.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo

Berikut profil singkatnya.

Lahir di Surabaya pada 18 Juli 1973, Kartika menyelesaikan pendidikan S-1 di bidang Ilmu Ekonomi di Universitas Indonesia pada tahun 1996.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikan pascasarjananya di Erasmus University, Belanda, dan meraih gelar setara S-2 di bidang Administrasi Bisnis pada tahun 2001.

Pendidikan yang kuat ini membekalinya dengan keterampilan analitis dan strategi yang sangat dibutuhkan dalam dunia keuangan.

Karier

Kartika memulai kariernya sebagai konsultan akuntan dan pajak di RSM AAJ, salah satu kantor akuntan dan konsultan terbesar di Indonesia.

Dari sana, ia mengembangkan portofolio karier yang mengesankan, termasuk menjabat sebagai konsultan senior di PwC Financial Advisory Services pada tahun 1998 hingga 1999.

Keterlibatannya dalam dunia perbankan dimulai ketika ia bergabung dengan PT Bank Mandiri. Di sana, ia meraih berbagai posisi penting, termasuk Chief Financial Officer (CFO) dari tahun 2015 hingga 2016, dan kemudian menjadi Chief Executive Officer (CEO) dari 2016 hingga 2019.

Pada Oktober 2019, Kartika diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mendampingi Budi Gunadi Sadikin dan Erick Thohir sebagai Menteri.

x|close