Profil Ahmad Riza Patria, Politisi Gerindra yang Dipanggil untuk Gabung Kabinet Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Okt 2024, 19:27
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ahmad Riza Patria buka suara soal mundur dari Pilwalkot Tangsel (Ntvnews.id-Muslimin Trisyuliono). Ahmad Riza Patria buka suara soal mundur dari Pilwalkot Tangsel (Ntvnews.id-Muslimin Trisyuliono).

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil sejumlah tokoh penting, termasuk ketua umum partai politik, pengusaha, dan menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Baca Juga:

Profil Dony Oskaria, Calon Wamen BUMN di Kabinet Prabowo

Profil Angga Raka Prabowo, Calon Menteri Prabowo

Kegiatan ini berlangsung sejak Senin, 14 Oktober 2024, dan berlanjut pada hari Selasa. Salah satu tokoh yang menarik perhatian adalah Ahmad Riza Patria, seorang politisi yang telah lama berkecimpung di dunia politik Indonesia.

Lantas siapa Ahmad Riza Patria? berikut profil singkatnya.

Lahir di Banjarmasin pada 17 Desember 1969, Ahmad Riza Patria, yang akrab disapa Ariza, dibesarkan dalam keluarga religius.

Ahmad Riza Patria saat menjadi narasumber dalam program dialog NTV Election di Nusantara TV, Selasa (9/7/2024). Ahmad Riza Patria saat menjadi narasumber dalam program dialog NTV Election di Nusantara TV, Selasa (9/7/2024).

Ayahnya, Amidhan Shaberah, adalah seorang ulama dan tokoh Majelis Ulama Indonesia, yang menanamkan nilai-nilai keagamaan yang kuat dalam dirinya.

Sejak remaja, Ariza aktif dalam berbagai organisasi, termasuk menjabat sebagai Ketua OSIS di SMA Islam Al-Azhar Jakarta.

Setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah, Ariza melanjutkan studinya di ISTN Jakarta, mengambil jurusan Teknik Sipil pada tahun 1997.

Ia kemudian memperdalam ilmu manajemen dengan meraih gelar Master in Business Administration (MBA) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2008.

Karier

Sebelum terjun ke dunia politik, Riza Patria mengawali kariernya sebagai wirausaha. Ia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Gala Ariatama dan Kepala Perusahaan Ray White Casablanca.

Di samping itu, ia juga menjabat sebagai Komisaris PT Indoproperti Galaraytama pada tahun 2001.

Karier politik Riza dimulai ketika ia bergabung dengan Partai Gerindra.

Ia terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selama dua periode.

Pada periode 2014 hingga 2019, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR, dan pada 2019 hingga 2024, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

Puncak karier politiknya adalah saat ia terpilih sebagai Wakil Gubernur Jakarta mendampingi Anies Baswedan.

Dalam masa jabatannya, Riza terlibat aktif dalam penanganan berbagai isu penting, seperti penanggulangan pandemi Covid-19, penataan kota, dan pembangunan infrastruktur.

x|close