5 Kontroversi Abu Janda Berujung Dilaporkan ke Polisi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Okt 2024, 02:00
Zaki Islami
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Abu Janda Abu Janda (IG: Abu Janda)

Ntvnews.id, Jakarta - Abu Janda memang dikenal sebagai orang yang cukup frontal, ia tidak takut untuk melakukan kritik jika ada yang berbeda pendapat dengan dirinya.

Namun kritikan tersebut membuat Abu Janda sempat dilaporkan ke polisi atas pernyataan-pernyataan yang terbilang menyinggung. Berikut beberapa kontroversi yang dilakukan Abu Janda, dilansir berbagai sumber:

1. Kasus Hukum

Abu Janda <b>(Instagram)</b> Abu Janda (Instagram)

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri sempat memeriksa Abu Janda atas cuitannya di media sosial dengan mengatakan 'Islam Adalah Agama Arogan'. Hal tersebut ditulis pada 1 Februari 2021.

2. Diduga Lakukan Rasisme

Abu Janda <b>(IG: Abu Janda)</b> Abu Janda (IG: Abu Janda)

Abu Janda sempat diminta keterangan atas dugaan ujaran rasisme yang ditunjukan kepada eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai, yang kini masuk direncanakan masuk dalam kabinet Prabowo.

3. Bendera Tauhid

Abu Janda dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh anggota Majelis Taklim Al-Minawwir Bekasi, Alwi Muhammad Alatas. Ia dilaporkan karena postingan di akun Facebook-nya soal bendera teroris bukan panji nabi.

Alwi mengatakan bahwa hal tersebut termasuk ke dalam penghinaan syariat Islam dan menyinggung perasaan umat muslim.

4. Aksi Bela Tauhid

Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh guru asal Jakarta bernama Mintaredja karena diduga menyebut Aksi Bela Tauhid sebagai aksi politik terselubung melalui media sosial.

5. Pencemaran Nama Baik

Ustaz Maaher At-Thuwailibi atau yang dikenal dengan nama Soni Eranata juga melaporkan Abu Janda ke Bareskrim Polri atas dugaan pencemaran nama baik.

x|close