Profil Prof John Mearsheimer, Salah Satu Pengisi Materi Pembekalan Calon Menteri Prabowo di Hambalang

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Okt 2024, 09:56
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
John Mearsheimer John Mearsheimer (The University of Chicago)

Ntvnews.id, Jakarta - Prof John Mearsheimer, salah satu tokoh jadi pengisi materi pembekalan calon Menteri Presiden terpilih Prabowo Subianto di Hambalang.

Prabowo menggelar sesi pembekalan untuk para calon menteri (camen) dan calon wakil menteri (cawamen) serta calon kepala badan yang akan bergabung dalam kabinetnya 5 tahun mendatang.

Penasaran dengan sosok Prof John Mearsheimer ini? Mari simak ulasan profil singkatnya di bawah ini.

Profil Prof John Mearsheimer

Prof John Mearsheimer dan Ray Dalio, Pemateri Prabowo <b>(TikTok)</b> Prof John Mearsheimer dan Ray Dalio, Pemateri Prabowo (TikTok)

John Mearsheimer lahir pada 14 Desember 1947 di New York, AS, adalah seorang akademisi terkemuka dalam bidang hubungan internasional yang dikenal luas karena kontribusinya terhadap teori realisme ofensif.

Sementara, melansir dari website The University of Chicago, ia adalah Profesor Ilmu Politik Terhormat R. Wendell Harrison di Universitas Chicago, tempat ia mengajar sejak 1982.

Ia lulus dari West Point pada 1970 dan kemudian bertugas selama lima tahun sebagai perwira di Angkatan Udara AS. Ia kemudian memulai sekolah pascasarjana dalam ilmu politik di Universitas Cornell pada 1975.

Jhon menerima gelar doktornya pada 1980. Ia menghabiskan tahun akademik 1979-1980 sebagai peneliti di Brookings Institution, dan menjadi peneliti pascadoktoral di Pusat Urusan Internasional Universitas Harvard dari 1980 hingga 1982.

John Mearsheimer <b>(The University of Chicago)</b> John Mearsheimer (The University of Chicago)

Selama tahun akademik 1998-1999, ia menjadi Whitney H. Shepardson Fellow di Council on Foreign Relations di New York.

Profesor Mearsheimer telah banyak menulis tentang isu keamanan dan politik internasional secara umum. Ia telah menerbitkan enam buku.

Ia juga telah menulis banyak artikel yang dimuat di jurnal akademis seperti International Security, dan majalah populer seperti Foreign Affairs dan London Review of Books.

Terakhir, Profesor Mearsheimer memegang sejumlah penghargaan dan kehormatan. Ia menerima Penghargaan Clark untuk Pengajaran Terkemuka saat ia menjadi mahasiswa pascasarjana di Cornell pada tahun 1977, dan ia memenangkan Penghargaan Quantrell untuk Pengajaran Terkemuka di Universitas Chicago pada tahun 1985.

x|close