Sah, DPR Restui Herindra Jadi Kepala BIN

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Okt 2024, 12:06
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Paripurna DPR sahkan Muhammad Herindra  jadi Kepala BIN Paripurna DPR sahkan Muhammad Herindra jadi Kepala BIN (Youtube DPR RI)

Ntvnews.id, Jakarta - Rapat Paripurna Ke-4 DPR RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 telah menyetujui Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Persetujuan ini merupakan tindak lanjut dari usulan Presiden Joko Widodo.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengajukan pertanyaan terkait kelayakan Herindra untuk menggantikan Budi Gunawan.

"Apakah laporan Tim DPR RI yang memutuskan bahwa saudara Muhammad Herindra layak sebagai Kepala Badan Intelijen Negara menggantikan saudara Budi Gunawan dapat disetujui?" tanya Puan.

Jawaban dari seluruh anggota DPR RI dan perwakilan fraksi yang hadir adalah setuju, disertai tepuk tangan sebagai tanda dukungan.

M Herindra Calon Kepala BIN <b>(Istimewa)</b> M Herindra Calon Kepala BIN (Istimewa)

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, Sufmi Dasco Ahmad, menyampaikan bahwa DPR telah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk mendalami visi dan misi calon Kepala BIN. Proses ini dilakukan pada Rabu (16/10) dan dipimpin oleh Puan Maharani serta dihadiri oleh perwakilan dari delapan fraksi di parlemen.

Setelah mendengarkan pandangan dari berbagai fraksi, DPR memutuskan bahwa Muhammad Herindra layak menjabat sebagai Kepala BIN. Selanjutnya, Herindra diperkenalkan kepada peserta rapat dan melakukan sesi foto bersama dengan pimpinan DPR RI.

Pimpinan DPR lainnya yang hadir dalam acara tersebut termasuk Saan Mustopa, Adies Kadier, dan Cucun Ahmad Syamsurijal, semuanya memberikan selamat kepada Herindra atas jabatan barunya.

 

x|close