MPR Sebut Prabowo Bakal Sampaikan Pidato Pertama Usai Dilantik

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Okt 2024, 17:53
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah (NTVnews.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah mengungkapkan bahwa Prabowo Subianto akan menyampaikan pidato pertama setelah dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024—2029.

Menurutnya, hingga saat ini, persiapan acara Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 untuk menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 sudah mencapai 80 persen.

Pada hari Jumat, 18 Oktober 2024, MPR RI menggelar gladi kotor untuk melakukan beberapa penyesuaian, termasuk mempersiapkan penyambutan tamu kenegaraan.

"Besok adalah tanggal 19 Oktober, pukul 10.00 WIB kami akan adakan gladi bersih," kata Siti Fauziah di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2024.

Baca Juga: Penampakan Gladi Pelantikan Prabowo-Gibran di Kompleks MPR DPR

Pada hari pelantikan, yang akan berlangsung pada tanggal 20 Oktober, acara akan dimulai pukul 10.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh para hadirin.

Kemudian acara akan dibuka oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani, diikuti dengan pembacaan Keputusan KPU oleh Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin. Setelah itu, pengucapan sumpah janji oleh Presiden dan Wakil Presiden.

Baca juga: Sekjen MPR: Sinergi diperlukan agar Sidang Tahunan MPR berjalan lancar
Baca juga: Sekjen MPR: Pustakawan harus punya "personal branding" agar dikenali

Ketua MPR RI akan membacakan berita acara. Setelah itu, Presiden Republik Indonesia periode 2024—2029 akan menyampaikan pidato pertamanya.

Baca Juga: 36 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Panglima TNI Siagakan Pasukan

"Nah, setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa. Setelah pembacaan doa, prosesi selesai, artinya ditutup dengan Indonesia Raya," ungkapnya.

Setelah Sidang Paripurna MPR RI ditutup, dia melanjutkan, Presiden akan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para kepala negara yang hadir, serta kepada para presiden terdahulu dan pejabat lainnya.

Dia pun meminta doa agar pelaksanaan pelantikan dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

Tamu undangan, terutama anggota MPR RI, diharapkan sudah memasuki ruang paripurna pada pukul 07.00—08.00 WIB.

"Persiapan sebenarnya sudah dilakukan jauh-jauh hari. Kalau ini, 'kan istilah tinggal implementasi," jelas Plt. Sekjen MPR RI Siti Fauziah.

x|close