Yahya Sinwar Tewas di Tangan Israel, Sosok Ini Jadi Penggantinya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Okt 2024, 09:55
Deddy Setiawan
Penulis
Marco Tampubolon
Editor
Bagikan
Yahya Sinwar Yahya Sinwar (The Guardian)

Ntvnews.id, Gaza - Khaled Meshaal, pemimpin Hamas yang tinggal dalam pengasingan, telah mengambil alih kepemimpinan Hamas setelah Yahya Sinwar, pemimpin kelompok tersebut, tewas dalam operasi militer Israel.

Dilansir dari TASS, Sabtu, 19 Oktober 2024, Meshaal kini bertindak sebagai Pelaksana Tugas (Plt) atau pemimpin sementara Hamas menggantikan Sinwar.

Dalam perannya ini, Meshaal bertanggung jawab untuk menjalin komunikasi dengan pihak-pihak kunci dalam perundingan terkait pembebasan sandera Israel.

Baca Juga: Presiden Kuba Langsung Pimpin Demo Dukung Palestina

Sebelumnya, Israel mengumumkan bahwa Sinwar tewas dalam baku tembak di wilayah selatan Jalur Gaza pada Rabu, 16 Oktober 2024, meskipun pada awalnya pasukan Israel tidak menyadari bahwa mereka telah membunuh tokoh utama yang menjadi musuh negara mereka.

Militer Israel merilis video dari drone yang menunjukkan seorang pria yang mereka identifikasi sebagai Sinwar, duduk di kursi dan tertutupi debu di dalam bangunan yang telah hancur. Hamas sendiri belum memberikan konfirmasi resmi terkait laporan kematian tersebut.

Namun, beberapa sumber internal Hamas menunjukkan indikasi bahwa Sinwar memang tewas dalam operasi tersebut.

Lebih lanjut, sumber-sumber dari LBCI menyatakan bahwa Hamas secara diam-diam telah memberitahu kematian Sinwar kepada pejabat-pejabat dari beberapa negara, termasuk Turki, Qatar, dan Mesir. Mereka juga menekankan bahwa pembicaraan mengenai pertukaran tahanan serta gencatan senjata akan menjadi semakin sulit setelah kematian Sinwar.

Baca Juga: Soal Palestina, Dunia Arab Saudi Desak Negara di Dunia Lakukan Ini

Sumber-sumber tersebut juga menambahkan bahwa dampak dari pembunuhan Sinwar terhadap negosiasi dan kemungkinan gencatan senjata telah dibahas dalam percakapan antara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa kematian Sinwar merupakan "awal dari akhir" perang yang berlangsung di Jalur Gaza.

Sinwar diyakini sebagai otak di balik serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober lalu, yang memicu perang berkepanjangan di Gaza. Sebelum tewas, ia menjabat sebagai pemimpin Hamas untuk wilayah Gaza, menggantikan Ismail Haniyeh yang tewas dalam serangan di Iran pada Juli sebelumnya.

Pengumuman kematian Sinwar oleh Israel datang beberapa pekan setelah Israel juga mengklaim telah menewaskan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dalam serangan udara di selatan Beirut, Lebanon.

 

x|close