Hari Ini Prabowo-Gibran Dilantik Jadi Presiden dan Wapres

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 06:26
Moh. Rizky
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ntvnews.id, Jakarta - Hari ini Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Pelantikan digelar di Gedung DPR/MPR, Jakarta. Pelantikan berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan kesiapan rangkaian pelantikan serta pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Persiapan rangkaian kegiatan dimulai dari ketibaan para tamu negara di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Sekarang sedang berlangsung masih penambahan (tamu negara) mana yang di Halim, mana yang di Soetta. Nanti terakhir bisa sore ini atau besok pagi kami akan berikan data komplitnya," ujar Heru, Sabtu (19/10/2024).

Prabowo-Gibran. (Antara) Prabowo-Gibran. (Antara)

Pada saat kedatangan di bandara, Heru menjelaskan jika akan ada prosesi penerimaan Kepala Negara atau setingkat Kepala Negara seperti pasukan jajar kehormatan dan korps musik (Korsik). Kedatangan ini akan disiarkan di sejumlah titik videotron di Jakarta.

"Pada saat kedatangan, kami meminta kepada Pemda DKI bisa ditayangkan di seluruh LED videotron di Jakarta mulai tanggal 19 (Oktober) rangkaian dari Halim maupun rangkaian dari Soetta. Ini sudah kami persiapkan dan mulai hari Senin kemarin kami sudah gladikan," tuturnya.

Adapun pelaksanaan pelantikan presiden 2024 telah diatur KPU dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024. Berdasarkan PKPU tersebut, pelantikan atau pengucapan sumpah/janji presiden dan wakil presiden 2024 dijadwalkan pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Seiring dengan pelantikan itu, masa tugas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun berakhir.

x|close