Sosok Kolonel Wahyo Yuniartoto 'Bapak Matahari', Komandan Kopassus yang Viral Disebut Jadi Ajudan Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 06:23
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kolonel (Inf) Wahyu Yuniartoto Kolonel (Inf) Wahyu Yuniartoto

Ntvnews.id, Jakarta - Kolonel (Inf) Wahyo Yuniartoto viral di media sosial Tiktok sejak Sabtu 19 Oktober 2024 kemarin. Beberapa akun memposting foto dia dengan narasi ajudan baru Presiden Prabowo.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari Setmilpres mengenai sosok ajudan presiden yang baru yakni Prabowo. Namun, nama Wahyo sudah beredar luas.

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto menjelaskan, sudah mengirim beberapa nama untuk menjalani seleksi ajudan presiden ke Setmilpres. 

Namun, Hariyanto enggan mengungkapkan nama-nama yang telah disetorkan. Menurutnya, untuk hasilnya kewenangan penuh diserahkan kepada Setmilpres.

“TNI sudah menyiapkan personel untuk dilaksanakan seleksi ajudan presiden dan Ajudan Wakil Presiden bertempat di Setmilpers," ujar Mayjen TNI Hariyanto, 

Profil singkat

Kolonel (Inf) Wahyu Yuniartoto <b>(Tiktok @ikhsasky8998)</b> Kolonel (Inf) Wahyu Yuniartoto (Tiktok @ikhsasky8998)

Dikutip dari beberapa sumber, Kolonel Wahyo Yuniartoto saat ini menjabat sebagai Komandan Grup 2 Kopassus TNI Angkatan Darat. Dia lahir di Purbalingga 18 Juni 1979.

Wahyo menjabat sebagai Asisten Operasi, yaitu saat dipercaya menjabat sebagai Asisten Operasi Kopassus yaitu Staf Umum Ganjen Kopassus Bidang Perencanaan, Operasi, dan Latihan.

Salah satu kemampuan atau keahlian Wahyo adalah sebagai motivator yang handal. Karena kelebihannya tersebut tidak mengherankan membuatnya oleh anak buah maupun banyak kalangan lain menjulukinya sebagai bapak matahari.

Wahyo pernah dipercaya mengemban tugas untuk menjadi Manajer Timnas  Pencak Silat Indonesia  tepatnya di Kejuaraan Dunia di Malaysia pada 2022 di mana Indonesia berhasil menjadi juara umum pada event tersebut. 

x|close