Alasan Megawati Tak Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 07:34
Moh. Rizky
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya saat pengumuman calon kepala daerah gelombang ketiga di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8/2024).  Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya saat pengumuman calon kepala daerah gelombang ketiga di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8/2024). (ANTARA/HO-PDIP/am.)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Sukarnoputri takkan menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029, hari ini di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Apa alasannya?

Ketua MPR RI Ahmad Muzani membeberkan alasan Megawati tak menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran.

"Ibu Mega kondisinya kurang fit dan flu maka ibu memutuskan untuk beristirahat. Pesan itu disampaikan melalui Ketua Fraksi MPR PDIP Ahmad Basarah," ujar Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Menurut Muzani, Megawati baru pulang dan tengah sakit usai perjalanan napak tilas makam Imam Bukhari di Saint Petersburg, Rusia.

Walau demikian, sebagai gantinya, Megawati telah memerintahkan seluruh anggotanya untuk hadir di kompleks DPR/MPR, pada hari ini.

"Sebagai gantinya telah menginstruksikan kepada seluruh anggota Fraksi PDIP agar seluruhnya hadir 110 dan mensukseskan acara besok dan memerintahkan agar mereka tidak diperkenankan keluar negeri termasuk keluar kota karena wajib datang besok," kata dia.

Walau Megawati tak hadir, Muzani berharap pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih tetap berlangsung khidmat.

Sebelumnya, Muzani mengungkapkan, pihak yang kalah dalam Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, berjanji menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 di Gedung DPR/MPR RI, hari ini.

"Undangan sudah sampai ke beliau-beliau. Saya sudah berkomunikasi lewat telepon, baik Anies maupun Ganjar. Dan Alhamdulillah beliau menyatakan akan hadir," ujar Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Muzani mengaku bersyukur Anies dan Ganjar bisa hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kedua mantan calon presiden itu.

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Mas Anies dan Ganjar yang bersedia akan hadir," kata dia.

Walau demikian, Muzani tak menjelaskan apakah wakil Anies dan Ganjar saat Pilpres bakal ikut hadir dalam pelantikan Prabowo-Gibran.

Muzani hanya mengatakan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan wakil Anies saat Pilpres, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Sementara untuk wakil Ganjar, Mahfud MD, Muzani mengaku belum berkomunikasi.

Namun, Sekjen Gerindra itu tetap berharap agar Cak Imin dan Mahfud bisa hadir ke pelantikan presiden dan wakil presiden.

x|close