Ini Isi Sumpah Pelantikan Prabowo-Gibran

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 11:59
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Presiden Prabowo Subianto Presiden Prabowo Subianto (Youtube TV Parlemen)

Ntvnews.id, Jakarta - Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2024. Masyarakat Indonesia telah menunggu momen ini setelah selesainya pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Pasangan Prabowo-Gibran berhasil meraih 58,58% suara dari total suara sah nasional dan ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih untuk periode 2024-2029 oleh KPU pada 24 April 2024.

Untuk menyaksikan momen penting ini, berikut adalah teks sumpah yang dibacakan oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Teks Sumpah Presiden dan Wakil Presiden

Mengenai sumpah presiden dan wakil presiden diambil dari Pasal 9 Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia tahun 1945, pengucapan sumpah/janji dilakukan sebelum memangku jabatan.

Sumpah dilakukan sesuai agama dan janji diucapkan dengan sungguh-sungguh di hadapan MPR dan DPR. Berikut ini teks sumpah/janji yang akan dibacakan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2024-2029.

Isi Janji Presiden (Wakil Presiden)

Saya berjanji dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.

Dengan ini, secara resmi jabatan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin digantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka selaku presiden dan wakil presiden RI tahun 2024-2029.

x|close