Prabowo Akan Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 13:05
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
 foto resmi Presiden 2024 2029 foto resmi Presiden 2024 2029 (ist)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden RI Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya usai resmi dilantik pada Minggu (20/10/2024). 

Dalam pidatonya, Prabowo menyampaikan target swasembada pangan dan ingin menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

"Kita siap menjadi lumbung pangan dunia," ucap Prabowo dalam pidatonya.

Prabowo pun menyinggung Indonesia tidak boleh bergantung dari pangan luar. Sebab, kondisi krisis negara lain akan mementingkan kepentingannya sendiri.

Untuk itu, ia manargetkan Indonesia dapat mencapai swasembada pangan paling lambat 4 sampai 5 tahun ke depan.

"Saya telah mencanangkan bahwa Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Kita tidak boleh tergantung sumber makanan dari luar dalam krisis," jelas Prabowo.

"Saya yakin paling lambat 4 sampai 5 tahun kita akan swasembada pangan," lanjutnya.

Selain itu, Prabowo menyebut Indonesia juga harus swasembada energi, di mana dalam keadaan perang di mana-mana Indonesia harus siap dalam kondisi terburuk.

"Karena negara lain harus mementingkan kepentingan mereka sendiri, kalau hal tak kita inginkan kita sulit dapat energi dari negara lain," tandasnya.

Seperti diketahui, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia masa bakti 2024 - 2029.

x|close