4 Orang Tewas, In 5 Fakta Pesawat SAM AIR Jatuh di Gorontalo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 13:22
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Pesawat SAM AIR Jatuh di Gorontalo Pesawat SAM AIR Jatuh di Gorontalo (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - Pesawat maskapai SAM AIR terjatuh di Wilayah Marisa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo pada Minggu tadi, 20 Oktober 2024.

Pihak Bandara Djalaluddin Gorontalo saat dihubungi mengatakan masih mencari informasi lengkap mengenai kejadian yang terjadi saat pesawat SAM AIR menuju Bandara Panua di Randangan, Kabupaten Pohuwato tersebut. Berikut faktanya, dilansir berbagai sumber:

1. 4 Orang Meninggal Dunia

Pesawat SAM AIR Jatuh di Gorontalo <b>(ANTARA)</b> Pesawat SAM AIR Jatuh di Gorontalo (ANTARA)

Kejadian tersebut telah menewaskan empat orang, di antara tiga awak pesawat dan satu penumpang, berikut identitas korban, Kapten M Saefurubu, co pilot M Artut, engginner Budi Janto dan Sri Mayke Male yaitu penumpang.

2. Kronologi

Kecelakaan Pesawat Sam Air <b>(Antara)</b> Kecelakaan Pesawat Sam Air (Antara)

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, Hariyanto mengatakan tepatnya pada pukul 09.00 WITA ia menerima info bahwa dari AIRNAV Makassar bahwa pukul 07.03 pesawat SAM AIR berangkat dari Bandara Djalaluddin Gorontalo ke Bandara Bumi Panua Pohuwato.

Namun pesawat tersebut hilang kontak hingga akhirnya mendapatkan informasi bahwa pesawat SAM AIR terjatuh setelah gagal melakukan pendaratan.

3. Penyebab

Baik pihak maskapai SAM AIR ataupun pihak terkait belum bisa memberikan keterangan mengenai penyebab pesawat tersebut jatuh.

4. Jatuh di Tambak Ikan

Setelah gagal melakukan pendaratan, pesawat SAM AIR terjatuh di tambak ikan milik warga. Puing-puing dari pesawat berserakan di tambak ikan. Untungnya tidak ada warga yang menjadi korban.

5. Lakukan Investigasi

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bakal melakukan investigasi atas kecelakan pesawat SAM AIR.

"Saya berharap proses investigasi berjalan lancar, dan langkah-langkah pencegahan ke depan dapat diambil untuk meningkatkan keselamatan penerbangan di masa mendatang," kata Lukman F Laisa plt DJPU.

x|close