Prabowo Suarakan Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina saat Pidato Pertama

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 16:52
Alber Laia
Penulis
April
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Presiden RI, Prabowo Subianto. Presiden RI, Prabowo Subianto. (Dok.Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Dalam pidato perdananya sebagai Presiden RI, Prabowo Subianto menegaskan Indonesia memilih kebijakan bebas aktif dan ingin menjadi sahabat bagi semua negara. Namun demikian, Indonesia memiliki prinsip yang tidak bisa diganggu gugat, yaitu anti penjajahan dan penindasan.

Hal tersebut disampaikannya usai dilantik menjadi Presiden ke-8 Indonesia di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10) pagi.

Baca Juga:

Gempa Bumi Magnitudo 4,8 Guncang Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Detik-detik Mobil Pelaku Curanmor Nabrak dan Dibakar Warga

"Kita memilih jalan bersahabat dengan semua negara. Sudah berkali-kali saya canangkan Indonesia akan menjalankan politik luar negeri sebagai negara yang ingin menjadi tetangga yang baik. Kita ingin menganut filosofi kuno seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak," tegas Prabowo.

Presiden RI, Prabowo Subianto. <b>(Dok.Istimewa)</b> Presiden RI, Prabowo Subianto. (Dok.Istimewa)

Prabowo mengungkapkan, Indonesia, meski demikian punya prinsip untuk solider membela rakyat yang tertindas di dunia.

"Karena kita pernah mengalami penjajahan, kita anti penindasan, karena kita pernah ditindas, kita anti rasialisme, anti apartheid, karena kita pernah mengalami waktu kita dijajah bahkan digolongkan lebih rendah dari anjing," kata Prabowo.

Presiden RI, Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka. <b>(Dok.Istimewa)</b> Presiden RI, Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka. (Dok.Istimewa)

"Karena itu kita mendukung kemerdekaan rakyat Palestina," pekik Prabowo disambut tepuk tangan tamu undangan.

Semasa menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI, Prabowo mengungkapkan bahwa Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi) sudah mengirimkan banyak bantuan untuk Palestina.

"Pemerintah Presiden Joko Widodo sudah mengirimkan banyak bantuan. Hari ini kita punya tim medis yang bekerja di Gaza, Rafah," ucap Prabowo.

"Dengan risiko sangat tinggi, dokter-dokter kita, perawat-perawat kita sudah bekerja sama bersama saudara-saudara dari UEA [Uni Emirat Arab]. Dan kita pun siap untuk mengirim bantuan yang lebih banyak dan siap evakuasi mereka yang luka dan anak-anak yang trauma, dan korban. Kita siapkan semua RS tentara dan nanti RS-RS lain untuk membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban perang yang tidak adil," tuturnya.

x|close