Usai Prabowo Umumkan Menteri, DPR Tetapkan Mitra Kerja AKD 13 Komisi Hari Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Okt 2024, 12:49
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Rapat Paripurna DPR RI Penutupan Masa Sidang I Tahun Sidang 2024—2025 Keanggotaan DPR RI 2019—2024, Jakarta, Senin (30/9/2024). Rapat Paripurna DPR RI Penutupan Masa Sidang I Tahun Sidang 2024—2025 Keanggotaan DPR RI 2019—2024, Jakarta, Senin (30/9/2024). (ANTARA/Melalusa Susthira K.)

Ntvnews.id, Jakarta - DPR akan memutuskan mitra kerja alat kelengkapan dewan (AKD) pada hari ini, Senin, 20 Oktober 2024. Penetapan ini dilakukan setelah adanya kepastian mengenai nomenklatur pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

Wakil Ketua DPR, Saan Mustopa, menjelaskan bahwa pimpinan DPR akan mengadakan rapat untuk menetapkan mitra-mitra AKD pada hari berikutnya, termasuk pengesahan anggota setiap komisi.

"Ketika nanti malam resmi diumumkan, maka Senin DPR sudah pasti akan menindaklanjuti dalam bentuk pembagian kementerian dan lembaga yang pemerintah umumkan di komisi dari I sampai XIII," kata Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Baca Juga: Sekretaris Kabinet Mayor Teddy di Bawah Mensesneg, Tak Lagi Setara Menteri

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem menyatakan bahwa DPR telah menetapkan jumlah AKD yang terdiri dari 13 komisi dan ditambah satu badan baru, yaitu Badan Aspirasi Rakyat.

Ia menjelaskan bahwa mereka sedang menunggu daftar nama utusan dari setiap fraksi yang akan ditugaskan di masing-masing AKD.

"Ya nantikan fraksi-fraksi kan mengirimkan nama-nama ya, nama-nama anggota yang ditempatkan di komisi 1 sampai 13, plus di badan-badan, termasuk juga unsur pimpinan komisi-komisi," ungkapnya.

Mantan Wakil Ketua Komisi II ini berharap bahwa penetapan anggota tiap AKD dapat diselesaikan pada pekan depan, sehingga DPR dapat mulai bekerja secara efektif dengan kabinet kerja Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Terpopuler: Gibran Pakai Beskap Betawi hingga Momen Prabowo Diantar Didit ke Gedung DPR/MPR RI

"Jadi mudah-mudahan di minggu besok ini penetapan AKD dengan pimpinannya sudah selesai sehingga minggu berikutnya DPR sudah mulai efektif bekerja dengan para mitra," ujarnya.

Perlu diketahui bahwa Presiden Prabowo Subianto telah resmi mengumumkan nama-nama jajaran menteri, kepala badan setingkat menteri, hingga wakil menteri dalam Kabinet Merah Putih pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Prabowo mengumumkan menteri-menteri yang akan mengisi kabinet kerjanya di Istana Merdeka setelah mengadakan jamuan makan malam dengan sejumlah pemimpin negara sahabat. Total keseluruhan menteri, wakil menteri, dan kepala badan setingkat menteri dalam Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran yang diumumkan berjumlah 109 orang.

x|close