4 Menteri 'Termiskin' di Kabinet Prabowo, Hanif Faisol Nurofiq hingga Yassierli

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Okt 2024, 13:39
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Hanif Faisol Nurofiq Hanif Faisol Nurofiq (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - Rupanya tidak semua menteri di Kabinet Prabowo-Gibran memiliki harta yang fantastis. Ada beberapa menteri yang tercatat memiliki harta sedikit dibandingkan yang lain. Salah satu dari mereka bahkan hanya memiliki kendaraan berupa mobil tua saja.

Sejumlah orang orang menilai bahwa menjadi menteri harus memiliki kekayaan yang fantastis. Sebab, sebagian besar menteri yang menjabat memiliki harta di atas Rp10 miliar dan bahkan beberapa menembus triliunan. Nah, berikut beberapa menteri termiskin di Kabinet Merah Putih.

Hanif Faisol Nurofiq Rp2,8 Miliar

Hanif Faisol Nurofiq <b>(NTVNews.id)</b> Hanif Faisol Nurofiq (NTVNews.id)

Nama Hanif Faisol Nurofiq sedang menjadi sorotan publik setelah dilantik sebagai menteri Lingkungan Hidup di kabinet Prabowo Subianto. Atas hal tersebut, banyak yang penasaran dengan harta kekayaan yang dimiliki olehnya.

Tercatat, Faisol memiliki harta sebanyak Rp2.802.197.150 atau sekitar Rp2,8 miliar. Harta kekayaan tersebut termasuk tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, kas dan setara kas, serta tidak memiliki utang apapun.

Wihaji Rp3,4 Miliar

Wihaji <b>(Istimewa)</b> Wihaji (Istimewa)

Berdasarkan informasi dari laman elhkpn.kpk.go.id, total kekayaan yang dimiliki oleh Wihaji tercatat sebesar Rp3.400.958.514 sesuai dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 4 Januari 2022 kepada Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai laporan periodik untuk tahun 2021.

Kekayaan tersebut mencakup dua bidang tanah dan bangunan yang terletak di Depok, hasil dari usaha pribadi, serta di Pekalongan yang diperoleh dari warisan. Selain itu, terdapat dua mobil dan tiga sepeda motor yang juga merupakan hasil dari usaha sendiri, serta harta bergerak lainnya, termasuk kas dan setara kas senilai nominal tersebut.

Natalius Pigai Rp4,37 Miliar

Natalius Pigai <b>(Istimewa)</b> Natalius Pigai (Istimewa)

Pada tahun 2019, Natalius Pigai dilaporkan telah menyampaikan laporan hartanya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut Laporan Harta dan Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), total kekayaan Pigai mencapai Rp4,37 miliar.

Pigai tidak memiliki aset berupa tanah maupun bangunan, yang biasanya dimiliki oleh pejabat negara. Kekayaannya terdiri dari beberapa aset lain, di antaranya mobil Honda CRV tahun 2011 senilai Rp300 juta, harta bergerak lainnya sebesar Rp70 juta, surat berharga bernilai Rp2 miliar, serta kas dan setara kas sebesar Rp2 miliar.

Yassierli Rp4,5 Miliar

Yassierli <b>(NTVNews.id/Rizky)</b> Yassierli (NTVNews.id/Rizky)

Yassierli yang merupakan Menteri Ketenagakerjaan dilaporkan memiliki kekayaan total sebesar Rp4,5 miliar. Harta ini tercatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK yang dilaporkannya pada 30 Maret 2021.

Ia tercatat memiliki tanah dan bangunan yang berada di Bandung Barat, Kota Bandung, dan Subang. Kemudian, ia memiliki alat transportasi yang berupa mobil Innova, Avanza, dan motor Honda Vario. Terakhir ia memiliki kas dan setara kas senilai Rp270 juta.

x|close