Ada 'Oke Gas' di Istana

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Okt 2024, 14:53
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Prabowo lantik menteri pakai dasi warna biru langit Prabowo lantik menteri pakai dasi warna biru langit (Youtube Setpres)

Ntvnews.id, Jakarta - Ada yang menarik di momen pelantikan Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada Senin pagi, 21 Oktober 2024, di Istana Negara, Jakarta. Ada 'Oke Gas' di Istana Negara.

Para Menteri sudah berbaris rapi, berjajar. Tujuh Menteri Koordinator berada di barisan paling depan. Dari mulai Budi Gunawan, Yusril Ihza Mahendra, Airlangga Hartarto, Pratikno, Agus Harimurti Yudhoyono, Muhaimin Iskandar, dan Zulkifli Hasan.

Ketujuh Menko berada tepat di seberang Presiden Prabowo Subianto. Ada Sekretaris Kabinet Mayor Teddy Iidra Wijaya masih setia mendampingi Presiden Prabowo. Di belakang tujuh Menko, total sebanyak 48 Menteri dan 5 Pejabat Setingkat Menteri sudah bersiap diambil sumpah.

Yang menarik dari momen pelantikan ini, terlihat ada warna senada atau dresscode warna senada yang dikenakan 53 pejabat akan diambil sumpah dan dilantik Presiden Prabowo Subianto. Semua pejabat yang dilantik mengenakan jas dengan warna dasi biru muda atau langit. Begitu juga dengan pejabat wanita yang dilantik, mengenakan warna senada atau mendekati biru langit. Bahkan, para petugas juru foto di Istana juga mengenakan jas biru.

Menteri Prabowo pakai dasi warna biru langit <b>(Youtube Setpres)</b> Menteri Prabowo pakai dasi warna biru langit (Youtube Setpres)

Kenapa dengan warna biru langit? Padahal, Partai Gerindra pimpinan Presiden Prabowo Subianto berwarna merah, kuning, dan pastel. Tidak ada warna biru langit.

Ternyata warna biru langit itu identik dengan kostum kampanye Prabowo-Gibran saat Pilpres 2024 kemarin. Warna ini juga menunjukan semangat anak muda.

Pada massa kampanye lalu, Prabowo sempat mengutarakan alasan dirinya menggunakan warna langit sebagai warna khas dirinya dan Gibran di Pilpres 2024.

"Sejuk, tenang, damai, gembira," kata Prabowo, sebelum berangkat ke KPU tahun 2023 lalu.

Bukan pertama kali

Prabowo-Gibran. (Antara) Prabowo-Gibran. (Antara)

Dalam kontestasi Pilpres 2019, Prabowo dan pasangannya Sandiaga Uno juga memilih biru sebagai warna utama dalam setiap kampanyenya.

Tim kampanyenya kala itu memiliki hari khusus yang disebut Rabu Biru. Di mana setiap hari Rabu, semua yang hadir ke kediaman Prabowo di Kertanegara IV harus mengenakan pakaian berwarna biru.

Warna biru dikenal sebagai elemen warna langit dan laut. Mengutip berbagai sumber, warna biru sendiri memiliki makna yang cukup kuat. Warna biru juga bisa memberikan kesan profesional bagi siapa pun yang memakainya.

x|close