DPR Rapat Paripurna Siang Ini untuk Tetapkan Mitra Kerja Komisi dan AKD

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Okt 2024, 11:08
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Rapat paripurna DPR RI. (Antara) Rapat paripurna DPR RI. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - DPR akan mengadakan rapat paripurna untuk meresmikan 13 komisi beserta para pimpinannya (setiap komisi akan diisi oleh 42-48 anggota), serta alat kelengkapan pada hari ini, Selasa, 22 Oktober 2024, sekitar pukul 13.30 WIB.

"Iya betul, hari ini paripurna jam 13.30 WIB," kata Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar, saat dikonfirmasi pada hari yang sama.

Sebelumnya, Ketua DPR RI, Puan Maharani, menjelaskan bahwa rapat paripurna tersebut dijadwalkan setelah pimpinan DPR dan fraksi-fraksi di parlemen mengadakan rapat konsultasi pada Senin, 21 Oktober 2024.

Dalam rapat tertutup itu, DPR menyepakati susunan pimpinan dari 13 komisi dan AKD di parlemen.

Baca Juga: DPR Bakal Umumkan Pimpinan Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan Hari Ini

Puan juga menambahkan, dalam rapat konsultasi tersebut, DPR RI menyepakati kementerian dan lembaga yang akan menjadi mitra bagi masing-masing komisi.

Mitra kerja komisi ini didasarkan pada nomenklatur Kabinet Merah Putih yang baru saja diumumkan oleh Presiden Prabowo Subianto. Terdapat 48 kementerian yang akan membantu pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka selama lima tahun ke depan.

Baca Juga: Komisi DPR Bertambah Jadi 13, Puan: Tidak Ada Penambahan Bangunan

Selain itu, Said menegaskan bahwa rapat pimpinan hari ini juga diadakan untuk menggantikan Badan Musyawarah (Bamus) yang belum ditetapkan.

“Ya, pengganti Bamus, karena Bamusnya kan belum ada. Maka hari ini rapim pimpinan dan perwakilan fraksi pengganti Bamus,” tegasnya.

 

x|close