Profil Afriansyah Noor, Resmi Jadi Wakil Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Okt 2024, 12:02
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Afriansyah Noor Afriansyah Noor (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Afriansyah Noor diangkat sebagai Wakil Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal dalam Kabinet Merah Putih pada pemerintahan Prabowo-Gibran. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Afriansyah dikenal sebagai salah satu sosok kepercayaan Yusril Ihza Mahendra, mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), dan dia juga pernah memimpin Brigade Hizbullah PBB dari tahun 2017 hingga 2019.

Profil Afriansyah Noor

Afriansyah Noor <b>(NTVNews.id/Rizky)</b> Afriansyah Noor (NTVNews.id/Rizky)

Afriansyah Noor yang diberi amanah sebagai Wakil Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal di Kabinet Prabowo-Gibran, merupakan sosok yang memiliki latar belakang yang menarik. Ia lahir di Jambi pada 20 April 1972.

Riwayat Pendidikan

Afriansyah Noor menempuh pendidikan tinggi di beberapa institusi terkemuka. Ia lulus dari Program Profesi Insinyur (PPI) Universitas Sriwijaya di Palembang pada tahun 2023. Sebelumnya, ia meraih gelar di bidang Administrasi Negara dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) tahun 2010.

Selain itu, Afriansyah juga memiliki latar belakang pendidikan di bidang Teknik Sipil dan Perencanaan, yang ia selesaikan di Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) pada tahun 1997.

Riwayat Pekerjaan

Afriansyah Noor <b>(Antara)</b> Afriansyah Noor (Antara)

Afriansyah Noor memiliki pengalaman yang luas dalam berbagai posisi penting selama karirnya. Ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB dari tahun 2019 hingga 2024 dan sebelumnya sebagai Komandan Brigade Hizbullah PBB antara 2017 dan 2019.

Di tingkat domestik, ia bekerja di Komplek Kemayoran Sekretariat Negara, yang kini dikenal sebagai PPKK (Pusat Pengelola Komplek Kemayoran) BLU Sekretariat Negara, dari tahun 2005 hingga 2008. Selain itu, Afriansyah juga pernah menjabat sebagai Direktur Pengamanan Aset dan Penerbitan Aset di DP3KK (Badan Pengelola).

Ia memiliki pengalaman sebagai Direktur Operasional di beberapa perusahaan, termasuk PT. Georai Pratama pada tahun 2005 dan PT. Kamba 9 dari tahun 2004 hingga 2005. Pada periode yang sama, ia juga menjadi Dewan Pembina Yayasan Agung Darma Fiskal Plus Education.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Marketing PT. Yosinesta Dwipratama dan Direktur Operasional PT. Harna Ruas Permai dari tahun 1998 hingga 2000. Awal karirnya dimulai sebagai Pengawas Proyek di PT Nusa Raya Cipta pada tahun 1996.

x|close