Profil Irfan Yusuf, Cucu Pendiri NU jadi Kepala Badan Haji dan Umrah di Kabinet Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Okt 2024, 12:22
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Irfan Yusuf Irfan Yusuf (IG: Gus Irfan Yusuf)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Prabowo baru saja melantik Mochamad Irfan Yusuf sebagai Kepala Badan Haji dan Umrah di Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Selasa 22 Oktober 2024.

Sebelumnya, Irfan Yusuf mendapatkan arahan khusus dari Prabowo untuk mengurusi Badan Urusan Haji dan Umrah. Berikut profil Mochamad Irfan Yusuf:

- Profil Mochamad Irfan Yusuf

Irfan Yusuf <b>(IG: Gus Irfan Yusuf)</b> Irfan Yusuf (IG: Gus Irfan Yusuf)

Mochamad Irfan Yusuf atau Gus Irfan lahir pada 24 Juni 1962, ia merupakan seorang politikus Indonesia. Ia tergabung dalam Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Pada pemilihan umum legislatif Indonesia 2024, ia maju pada daerah pemilihan Jawa Timur VIII, meraih 77.433 suara dan diangkat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia 2024–2029. Ia merupakan cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari.

- Pendidikan

Irfan Yusuf menempuh pendidikan dasar di daerah asalnya. Ia menyelesaikan pendidikan di SMPP Jombang (sekarang SMAN 2 Jombang) pada tahun 1981. Setelah itu, Gus Irfan melanjutkan pendidikan sarjana di Universitas Brawijaya dan lulus pada tahun 1985 dan melanjutkan S2 nya di kampus yang sama.

- Karir Politik

Kiprahnya di dunia politik bermula saat Ia tergabung dalam Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Pada tahun 2018, Gus Irfan sempat menjadi Juru Bicara untuk tim Prabowo-Sandiaga Uno, setelah dinilai memiliki pengalaman yang relevan di LPNU.

Pada pemilihan umum legislatif Indonesia 2024, ia maju pada daerah pemilihan Jawa Timur VIII, meraih 77.433 suara dan diangkat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia 2024–2029.

x|close