Profil Utut Adianto yang Jadi Ketua Komisi I DPR RI

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Okt 2024, 10:19
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR Utut Adianto Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR Utut Adianto (NTVnews.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Pimpinan DPR RI dan anggota Komisi I telah mencapai kesepakatan untuk memilih Utut Adianto dari Fraksi PDI Perjuangan sebagai Ketua Komisi I.

Penetapan ini dilakukan setelah rapat paripurna yang mengumumkan susunan pimpinan untuk masing-masing komisi dan alat kelengkapan dewan.

Penasaran dengan sosok Utut Adianto ini? Mari simak ulasan profil singkatnya di bawah, dilansir dari berbagai sumber.

Profil Utut Adianto

Wakil Ketua Komisi I DPR Fraksi PDIP, Utut Adianto Wakil Ketua Komisi I DPR Fraksi PDIP, Utut Adianto

Drs. Utut Adianto Wahyuwidayat, yang lahir pada 16 Maret 1965, adalah seorang pecatur dan politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia untuk periode 2018-2019.

Ia diakui sebagai salah satu pecatur terhebat yang dimiliki Indonesia dan merupakan Grandmaster (GM) dengan peringkat tertinggi di negara ini saat ini.

Dalam karier politiknya, Utut telah memegang berbagai posisi penting di DPR-RI sejak pertama kali terpilih sebagai anggota dewan pada pemilu legislatif 2009.

Kariernya semakin meningkat ketika ia diangkat sebagai Ketua Fraksi PDI-Perjuangan DPR-RI pada periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Setelah dilakukan revisi terhadap UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD pada tahun 2018, ia ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPR-RI mewakili Fraksi PDI-Perjuangan, yang merupakan partai dengan jumlah kursi terbanyak dalam pemilu 2014.

Pada periode 2019-2024, Utut kembali mendapatkan kepercayaan dari DPP PDI-Perjuangan untuk menjadi Wakil Ketua Komisi I DPR-RI. Pada periode 2024-2029, ia akhirnya ditunjuk sebagai Ketua Komisi I DPR-RI.

x|close