Profil Titiek Soeharto, Terpilih Jadi Ketua Komisi IV DPR RI untuk Isu Pertanian, Kehutanan, dan Kelautan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Okt 2024, 10:20
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Prabowo Subianto, Didit dan Titiek Soeharto Prabowo Subianto, Didit dan Titiek Soeharto (INSTAGRAM TITIEK)

Ntvnews.id, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dari Fraksi Partai Gerindra, Siti Hediati Soeharto, yang lebih dikenal dengan nama Titiek Soeharto, ditunjuk untuk menjabat sebagai ketua Komisi IV DPR RI untuk periode 2024-2029.

Penetapan Titiek sebagai ketua Komisi IV dilakukan dalam rapat yang dihadiri oleh Wakil Ketua DPR, Saan Mustopa, pada hari Selasa, 22 Oktober 2024. Titiek didampingi Alex Indra dari PDIP, Panggah Susanto dari Golkar, Abdul Kharis dari PKS, dan Ahmad Yohan dari PAN.

Mitra kerja Komisi IV meliputi Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Urusan Logistik (Bulog), Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Badan Pangan Nasional, serta Badan Karantina Indonesia.

Profil Titiek Soeharto

Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto. (Instagram) Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto. (Instagram)

Titiek Soeharto lahir dengan nama lengkap Siti Hediati Soeharto pada 14 April 1959 di Semarang, Jawa Tengah. Ia adalah putri keempat dari pasangan Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto, dan Hartinah, yang lebih dikenal sebagai Tien Soeharto.

Selain Titiek, Soeharto dan Tien memiliki lima anak lainnya. Anak-anak tersebut adalah Siti Hardijanti Rukmana (Tutut), Sigit Harjojudanto (Sigit), Bambang Trihatmodjo (Bambang), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).

Rekam Jejak Titiek Soeharto

Titiek Soeharto <b>(Antara)</b> Titiek Soeharto (Antara)

Titiek Soeharto berasal dari keluarga Cendana dan aktif dalam berbagai bisnis. Ia diketahui pernah terlibat menjadi Komisaris PT. Mekar Unggul Sari, Komisaris PT. Bursa Efek Jakarta (1995-1998) dan Komisaris PT. Surya Citra Media (2005-2015)

Selain terjun di dunia bisnis, Titiek juga mengikuti jejak ayahnya dengan aktif di ranah politik. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh yang sudah lama berperan di perpolitikan Indonesia. Pada 2012, Titiek mulai aktif dalam dunia politik dengan bergabung sebagai kader Partai Golkar.

Saat itu, ia menjabat sebagai Ketua Bidang Pertanian dan Nelayan di DPP Partai Golkar hingga 2015. Dalam Pemilihan Legislatif 2014, Titiek berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI periode 2014-2019. Namun, pada bulan Juni 2018, ia memutuskan keluar dari Golkar dan bergabung dengan Partai Berkarya, partai yang dipimpin oleh Tommy Soeharto.

Pada tahun 2023, Titiek memutuskan untuk bergabung dengan Partai Gerindra dan menduduki posisi sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Dia juga akan berpartisipasi lagi dalam Pemilu 2024 dengan menjadi calon legislatif DPR RI dari dapil DIY.

x|close