Waspada! Kasus Cacar Monyet Varian Baru Ditemukan di Jerman

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Okt 2024, 12:05
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
Petugas media sedang memeriksa anak penderita cacar monyet/tangkapan layar NTV Petugas media sedang memeriksa anak penderita cacar monyet/tangkapan layar NTV

Ntvnews.id, Jakarta - Kasus pertama varian Mpox atau cacar monyet baru telah terdeteksi di Jerman.

Institut Robert Koch untuk kesehatan masyarakat mengatakan bahwa pihaknya menilai risiko terhadap populasi yang lebih luas adalah rendah.

Dalam sebuah pernyataan lembaga itu mengatakan infeksi yang disebabkan oleh varian baru yang diperoleh dari luar negeri terdeteksi pada 18 Oktober.

Seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Morning, Rabu (23/10/2024), lembaga itu mencatat kontak fisik yang dekat diperlukan untuk penularan. Seraya menambahkan pihaknya memantau situasi dengan seksama dan akan menyesuaikan penilaiannya jika diperlukan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Mpox sebagai darurat kesehatan masyarakat global untuk kedua kalinya dalam 2 tahun pada bulan Agustus. Setelah wabah infeksi virus di Republik demokratik Kongo yang telah menyebar ke negara-negara tetangga.

Tanda pertama penyebarannya di luar Benua Afrika muncul pada 15 Agustus lalu ketika pejabat kesehatan global mengonfirmasi adanya infeksi dengan jenis baru virus Mpox di Swedia.

x|close