Menteri HAM Pigai Natalius Minta Anggaran Rp 20 Triliun, Ini Kata DPR

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Okt 2024, 15:00
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Natalius Pigai. Natalius Pigai. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Wakil Ketua DPR Adies Kadir memberikan tanggapan terkait permintaan Menteri HAM Natalius Pigai yang menginginkan anggaran kementeriannya mencapai Rp 20 triliun. Adies menekankan bahwa pihaknya perlu melihat terlebih dahulu kebutuhan yang diperlukan dari anggaran tersebut.

"Kita belum lihat ya apa-apa saja yang diajukan dari Rp 60 miliar sampai Rp 20 triliun. Nanti kita akan lihat apakah masuk akal atau tidak," kata Adies di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2024.

Menurut Adies, jika anggaran yang diajukan memang masuk akal, DPR akan mempertimbangkannya. Namun, ia menekankan bahwa anggaran tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara.

Baca Juga: Daftar Lengkap Pimpinan Badan di DPR, Termasuk BAM yang Siap Tampung Aspirasi Rakyat

"Sebenarnya apa pun yang diajukan, selama masuk akal, itu harus bisa dipenuhi, tinggal kita lihat kekuatan dari dana negara kita, apakah APBN kita memenuhi atau tidak untuk memenuhi anggaran tersebut," tambahnya.

Adies juga mencontohkan kasus serupa dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), yang anggarannya juga mungkin akan meningkat tajam jika permintaan mereka dipenuhi. Namun, pemerintah tetap harus mengatur anggaran sesuai dengan kondisi keuangan negara.

"Misalnya seperti BNN, badan penanggulangan narkotika nasional, nah ini kan juga anggarannya mestinya kalau memenuhi keinginan mereka, itu juga mungkin naiknya juga akan berlipat-lipat. Tapi kan pemerintah mengatur bagaimana supaya narkotika bisa dikendalikan, tetapi juga dengan anggaran yang menyesuaikan keadaan dari badan negara kita," sambungnya.

Sebelumnya, Natalius Pigai mengatakan kementeriannya hanya menerima anggaran sebesar Rp 64 miliar dan ia mengusulkan agar anggaran tersebut dirombak.

Baca Juga: Titiek Soeharto Jadi Ketua Komisi IV DPR RI, Urus Lingkup Apa?

"Rombak itu. Dari Rp 20 T (pagu anggaran) cuma Rp 64 M. Tidak bisa. Tidak tercapai cita-cita dan visi keinginan Presiden Indonesia," ujar Natalius Pigai saat acara penyambutan di gedung Kemenkumham, Jakarta Selatan, 21 Oktober 2024 lalu.

Pigai menyatakan bahwa ia menginginkan anggaran Rp 20 triliun jika negara memiliki kemampuan untuk memenuhinya, agar pembangunan di bidang HAM dapat dilakukan dengan maksimal.

"Kalau negara punya kemampuan, maunya di atas Rp 20 triliun. Pigai bisa bangun. Saya ini orang pekerja lapangan. Kalau negara punya anggaran, saya maunya Rp 20 triliun," sebutnya.

x|close